Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Pembangunan Bidang Peternakan, Sepatutnya Dinikmati Masyarakat Indonesia

Written by bayuns on November 12, 2013. Posted in Event

Semnas Fapet Nov 2013.1 Semnas Fapet Nov 2013.2

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Perubahan waktu dan sejumlah tuntutan dalam pembangunan peternakan di Indonesia, mencetuskan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, diseminasi ke masyarakat umum. Dengan demikian dapat membantu menjadi solusi bagi pembangunan peternakan secara nasional.

“Penelitian yang dihasilkan untuk masyarakat masih terbatas. Namun, dari upaya yang dilakukan, setidaknya dapat mempercepat pembangunan peternakan. Sehingga, kegiatan penelitian dapat terintegrasi serta menghasilkan sesuatu yang lebih terukur,” kata Dekan Fakultas Peternakan Unpad Dr. Ir. Iwan Setiawan DEA yang menjadi pembicara dalam Seminar Peternakan Berkelanjutan ke-5 dengan tema “Peningkatan Produktivitas Sumberdaya Peternakan” di Jatinangor, Selasa (12/11).

Ia mengungkapkan, diantara bentuk layanan untuk masyarakat yaitu penerapan teknologi terpadu ramah lingkungan, termasuk di wilayah binaan maupun di sekitar kampus yang berperan sebagai tempat pembelajaran serta pusat penyebaran informasi.

“Bagi usaha kecil atau mikro, sumbangsih yang telah dilakukan oleh Fakultas Peternakan Unpad salah satunya adalah Sistem Integrasi Pangan, Energi, dan Kesehatan atau disebut SInPEK. Bertujuan membangun masyarakat peternak yang sehat sejahtera, dikembangkan di wilayah Indramayu. Kemudian model lainnya ialah Livestock-Sugarcane Integrated System. Paket teknologi dan rekayasa sosial terintegrasi dengan perkebunan tebu, guna mencegah benturan sosial,” tambah dia.

Selanjutnya, menurut Direktur Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor Dr. Arief Daryanto menyatakan, prospek ekonomi Indonesia sangat cerah. Terkait dengan industrialisasi peternakan ada faktor-faktor yang turut mempengaruhi. “Permintaan produk peternakan terus meningkat. Kemudian, diversifikasi produksi komoditas bernilai tinggi. Faktor lainnya yakni, permintaan terhadap makanan siap saji semakin besar. Ini semua merupakan peluang yang harus kita manfaatkan,” kata Arief Daryanto. (BNS).

Trackback from your site.

Leave a comment