Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Pembangunan Peternakan Berwawasan Lingkungan dan Pemberantasan Kemiskinan

Written by bayuns on November 16, 2016. Posted in Pengabdian Masyarakat

semnas-1 semnas-2 semnas-3

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Dalam mencapai SDGs (Sustainable Development Goals) banyak hal yang perlu dilakukan, diantaranya mengisi tujuan dari SDGs ini dalam bidang peternakan yaitu ketahanan pangan, perbaikan nutrisi bagi masyarakat, penuntasan kemiskinan, kesehatan, pertumbuhan ekonomi yang semuanya bertujuan untuk kemaslahatan masyarakat.

“Tentu untuk mencapai hal tersebut, bidang peternakan mempunyai kontribusi yang cukup penting. Karena seperti kita ketahui, di Indonesia memiliki keragaman genetik yang cukup luar biasa khususnya ternak lokal. Sehingga ternak lokal ini, dapat kita jadikan kunci keberhasilan untuk didorong menjadi ternak unggul Indonesia,” terang Dekan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Ir. Husmy Yurmiati MS, saat membuka Seminar Nasional Pengembangan Peternakan Berkelanjutan ke-8 dengan tema “Pengembangan Sumberdaya Ternak Lokal Dalam Pencapaian Sustainable Development Goals” di Bale Sawala Unpad, Rabu (16/11/2016).

Dituturkan Prof. Husmy, dengan berkumpulnya ilmuwan bidang peternakan, berdiskusi, berbagi ilmu dan hasil-hasil penelitian pada seminar ini semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat serta pemerintah dalam bidang peternakan khususnya, dan bidang ekonomi secara luas.

“Hal ini tentu perlu kita lakukan, karena kita harus menunjang pembangunan berkelanjutan di dunia,”  paparnya.

Senada dengan Prof. Husmy, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A menyatakan seminar nasional yang dilaksanakan mengambil tema yang berkaitan  dengan lingkungan. Artinya, tema seminar ini sudah in line dengan pola ilmiah pokok Unpad.

Menurutnya, berdasarkan Renstra Unpad tahun 2015 tersimpan amanat untuk menciptakan berbagai aktifitas dan pusat-pusat penelitian maupun pembelajaran dikaitkan dengan SDGs.

“Ternyata di Indonesia, satu-satunya yang sudah mendeklarasikan SDGs setelah PBB yaitu Unpad yang sudah mempunyai Sustainable Development Goals. Dalam bidang peternakan terkait SDGs, tentunya kita sudah tahu salah satu aspeknya yakni Food Security. Sangat relevan sekali bahwa seminar yang dilakukan oleh Fakultas Peternakan akan lebih banyak mengungkapkan persoalan-persoalan tersebut,” ucapnya.

Ir. Tri Harsi MP Kepala Balai Inseminasi Buatan Lembang yang hadir mewakili Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan mengatakan pengembangan sumberdaya ternak lokal harus memperhatikan lingkungan.

“Pembangunan peternakan dilakukan dengan pola pembangunan berkelanjutan meliputi lahan, air, dan sumberdaya genetik hewan. Dengan bantuan rekayasa teknologi, maka diharapkan akan tercapai kebutuhan pangan secara berkesinambungan. Selain itu pembangunan peternakan memiliki tujuan untuk pemberantasan kemiskinan,” ujar Tri.

Seminar Nasional ini juga menghadirkan beberapa pembicara diantaranya Prof. Dr. Ir. Muladno dari Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Drs. M. Munandar dosen Fakultas Peternakan Unpad, serta Agus Abdurahman Ketua HIPPAPI Jawa Barat. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment