Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Penanganan Hewan Dengan Baik, Tingkatkan Produktivitas Ternak

Written by admin on February 21, 2011. Posted in Event

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Stres adalah perubahan kondisi, di luar kondisi normal. Begitu pula yang dialami oleh hewan ternak, terutama sapi. Dalam hal ini kita perlu memahami bagaimana perilaku hewan ternak bereaksi dan berinteraksi dengan manusia.

Masalah tersebut disampaikan oleh Ben Houston tenaga ahli Animal Handling dari Meat Livestock Australia saat menyampaikan presentasinya di hadapan peserta “Seminar of Beef Cattle Handling” kerjasama antara PT. Citra Agro Buana, APFINDO (Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia), dan Cattle and Buffalo Club (CBC) Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Senin (21/2).

“Apabila kita berhasil dalam mengurangi beban stres, maka dampaknya akan meningkatkan kualitas dan kuantitas, mengurangi resiko cedera pekerja dan hewan, serta menambah produktivitas,” kata Ben Houston.

Ia berpendapat untuk mewujudkannya, hewan ternak harus mempunyai kebebasan yang cukup. Diantaranya adalah kebebasan dari rasa lapar-haus, ketidaknyamanan, mengekspresikan perilaku normal, bebas dari rasa sakit, cedera, serta penyakit.

“Perbedaan utama antara sistem produksi Australia dan Asia yaitu di Australia terdapat penggembalaan yang luas dengan padang penggembalaan yang sangat besar, ditunjang dengan akses yang berkesinambungan untuk rumput dan air,” ungkap Ben Houston

Menurutnya di Asia kebanyakan hewan ternak ditangani dengan cara diberi makan setiap hari dengan interaksi yang sifatnya terus menerus dengan manusia.

Sementara itu Yudi Guntara yang mewakili PT. Citra Agro Buana menjelaskan dengan terselenggaranya acara ini diharapkan dapat menjadi pemahaman dan nilai tambah bagi semua stakeholder, khususnya mahasiswa Fakultas Peternakan bahwa untuk menghasilkan produksi ternak yang baik diperlukan penanganan hewan yang baik pula.

“Hal tersebut dapat dilihat dari tingkah laku ternak dan animal welfare,” ujar Yudi Guntara

Hadir dalam acara tersebut Pembantu Dekan I Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Dr. Siti Darodjah Rasad dan Pembantu Dekan III Jajang Gumilar MM.

Dr. Siti Darodjah Rasad menyatakan dengan sharing ilmu pengetahuan serta pengalaman dari nara sumber yang kompeten di bidangnya, dapat membuka peluang kerjasama antar institusi di masa yang akan datang. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment