Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Penelurusan Pantai Selatan Jawa Barat, dari Cisontrol hingga Rancabuaya

Written by admin on February 10, 2011. Posted in Informasi Umum

Laporan oleh: Rilis Humas Unpad

[Unpad.ac.id, 9/02/2011] Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan corporate social responsibility (CSR) pada masyarakat di wilayah Jawa Barat Selatan, mulai dari Cisontrol hingga Rancabuaya, mulai hari Sabtu s.d. Senin, 12 s.d. 14 Februari 2011.

Kegiatan CSR yang berlangsung di wilayah Jawa Barat bagian selatan ini merupakan bagian penting dari penyelenggaraan Rapat Pimpinan Unpad bulan Februari 2011. Biasanya, Rapat Pimpinan Unpad yang berlangsung satu bulan sekali, diselenggarakan secara formal di wilayah kampus Unpad, diikuti oleh Rektor, Sekretaris Senat, para Pembantu Rektor, para Dekan Fakultas, Direktur Program Pascasarjana, Ketua LPPM, para Kepala Biro, Ketua SPM dan SPI, Direktur Kerja Sama dan SDM, dan Kepala UPT Humas. Khusus untuk kegiatan kali, Dharma Wanita Persatuan Unpad dan para Kepala Bagian kantor Unpad pusat turut serta.

Kegiatan CSR yang akan dilakukan adalah penelusuran berbagai potensi budaya dan wisata di sepanjang pantai selatan Jawa Barat, mulai dari Pantai Pangandaran hingga Pantai Rancabuaya, yang terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Selain itu, CSR Unpad ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan umum gratis oleh tim dari Fakultas Kedokteran (FK), pemeriksaan gigi gratis oleh tim dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), lomba permainan tradisional, serta pentas seni daerah, termasuk di dalamnya pentas seni wayang golek, dan lain-lain, yang melibatkan Fakultas Sastra (Fasa), Peternakan (Fapet), Keperawatan (Fakep), Teknologi Industri Pertanian (FTIP), serta Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

Hal lain yang tidak kalah penting, kegiatan penelusuran potensi budaya tersebut juga sekaligus merupakan bagian dari persiapan pembukaan Program Doktor Pariwisata Berbasis Budaya, buah kerja sama Fakultas Sastra Unpad dengan Sekretariat Jenderal Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Adapun alasan pemilihan Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis yang merupakan desa kecil, sekira 30 km dari pusat kota Ciamis, adalah karena desa tersebut pernah terpilih sebagai juara lomba desa tingkat nasional yang potensial untuk dikembangkan. Melalui kegiatan saba desa dan susur potensi budaya serta wisata ini, diharapkan para pimpinan Unpad, dapat memperoleh informasi langsung yang paling mutakhir berkaitan dengan berbagai permasalahan dan tantangan yang ada di sekitar Jawa Barat, termasuk berbagai potensi budaya dan wisata yang dimilikinya. Dengan cara itu, diharapkan pula akan melahirkan kepedulian yang lebih besar dari para pimpinan Unpad untuk turut membantu mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang ada di daerah serta berbagai potensi budaya dan wisata yang ada.

Sumber : http://www.unpad.ac.id/archives/39201

Trackback from your site.

Leave a comment