Pengelola

Organisasi dan Manajemen Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran

Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 51 tahun 2015, tentang Statuta Universitas Padjadjaran, Unpad merupakan Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTBH), dan dengan diberlakuannya PP tersebut, Unpad memiliki landasan sebagai dasar penyusunan peraturan dan prosedur operasional penyelenggaraan perguruan tinggi. Selanjutnya untuk menjabarkan peraturan tersebut kedalam pengelolaan universitas, telah ditetapkan Peraturan Rektor Nomor 40 Tahun 2016 Tentang Organisasi Tata Kerja Pengelola Universitas Padjadjaran. Dalam struktur organisas Unpad, Fakultas merupakan salah satu unit yang menyelenggarakan dan mengelola pendidikan akademik, pendidikan profesi, atau pendidikan vokasi dalam satu rumpun disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi, di dalamnya merupakan himpunan sumberdaya yang diharapkan dapat mendukung kinerja fakultas

Dekan adalah pimpinan Fakultas atau Sekolah di lingkungan Unpad yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pendidikan pada masing-masing Fakultas atau Sekolah. Dekan juga merupakan perwakilan dalam memimpin pengelolaan kegiatan dan penjaminan mutu dalam pendidikan akademik dalam disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu peternakan. Dalam rangka mengemban tugasnya Dekan beserta jajaran pimpinan manajemen fakultas adalah melakukan fungsi-fungsi managerial yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan, agar sumberdaya pendukung tersebut efektif berkinerja dan menghasilkan output sesuai dengan yang diharapkan. 

Sebagaimana diatur didalam Permen no 44 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi maka fakultas sebagai unit penyelenggara pendidikan akademik memiliki tugas (a) Menyusun kebijakan, rencana strategis dan operasional pembelajaran yang dapat diakses oleh pemangku kepentingan, (b) Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kegiatan program studi, (c) Menetapkan panduan pembelajaran dan tenaga pendidik (Perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran, Pengawasan, Penjaminan mutu, Evaluasi Pembelajaran); (d) Selain menyelenggarakan pembelajaran, fakultas juga menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masayarakat (tridharma), pengembangan inovasi, kerja sama, sistem informasi, tata kelola, serta mengembangkan usaha; (e) Menyampaikan laporan kinerja program studi melalui pangkalan data pendidikan tinggi.

Untuk menjamin pelaksanaan pembelajaran berjalan efektif, maka dilakukan pengawasan yang dilaksanakan oleh Unit Penjaminan Mutu. Dalam organisasi Tata Kelola Universitas, unit ini secara struktural berada di bawah Satuan Penjaminan Mutu, sedangkan dalam struktur organisasi fakultas, unit ini berkoordinasi dengan Dekan. Unit Penjaminan Mutu Fakultas Peternakan Unpad terdiri dari beberapa kelompok kerja yang masing-masing memiliki tugas spesifik, yaitu tim monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran (Monevin), dan tim audit internal ISO 9001:2008 yang mengawal pelaksanaan manajemn akademik berbasis manajemen mutu.

Dalam tatanan peraturan dan kebijakan fakultas, kewenangan pengawasan ada pada Senat Fakultas. Anggota Senat Fakultas merupakan representasi tenaga pendidik, termasuk di dalamnya jajaran pimpinan, yang memiliki fungsi memberikan pertimbangan, menetapkan dan mengawasi kebijakan Dekan.