Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Penutupan Pelatihan Pembuatan Kompos

Written by bayuns on May 21, 2013. Posted in Pengabdian Masyarakat

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kampar Propinsi Riau bekerjasama dengan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, melakukan penutupan pelatihan pembuatan kompos, yang telah berlangsung sejak 13 Mei 2013. Acara penutupan, berlangsung di Ruang Senat Gedung I Jatinangor, Selasa (21/5).

Dr. Ir. Herry Supratman, MS yang bertindak selaku koordinator pelatihan dari Fakultas Peternakan Unpad menyatakan, dengan terselenggaranya kerjasama pelatihan, diharapkan dapat menambah pengetahuan serta berbagi pengalaman, terutama dalam hal pembuatan kompos.

“Dengan pelatihan pembuatan kompos, kami berusaha memberikan yang terbaik. Sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi para peserta pelatihan,” kata Herry Supratman.

Peserta pelatihan terdiri dari 11 orang, yang merupakan peternak sapi potong mewakili beberapa kecamatan. Dipimpin oleh Ir. Jaenudin, mewakili Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kampar, Sugeng yang juga merupakan salah seorang peserta pelatihan mengatakan, ingin memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah di daerahnya secara optimal. “Dengan demikian, potensi sumber daya alam di tempat kami, dapat digunakan sebaik mungkin,” ujarnya.

Dr. Ir. Iwan Setiawan, DEA Dekan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran pada kesempatan yang sama mengungkapkan, lembaga yang dipimpinnya terbuka bagi siapa saja yang hendak melakukan kerjasama. Khususnya untuk memecahkan berbagai persoalan, terutama yang terkait dengan bidang peternakan.

“Institusi kami pada dasarnya siap kapan saja. Apabila ada pihak yang membutuhkan bantuan atau keperluan, bisa memanfaatkan media komunikasi yang ada. Selain itu dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan kemandirian bagi para peternak, serta dapat menyampaikan ilmunya kepada masyarakat luas yang membutuhkan,” tuturnya.

Materi yang diberikan dalam pelatihan pembuatan kompos untuk peternak dari Kabupaten Kampar Propinsi Riau meliputi, Degradasi Awal Limbah Organik, Pembuatan Biogas, Pembuatan Pupuk Cair, Pengawetan Hijauan dan Amoniasi, serta Pembuatan Vermi Kompos. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment