Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Peran Tim Pelaksana Bimbingan Konseling (TPBK) dan Dosen Wali

Written by bayuns on August 3, 2012. Posted in Event

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Seiring dengan tuntutan belajar di perguruan tinggi, terjadi perubahan kebiasaan. Khususnya yang dialami oleh para mahasiswa baru. Perbedaan status dan situasi, seringkali mempengaruhi konsentrasi belajar. Sementara mahasiswa diharuskan banyak membaca, dengan bacaan bahasa asing. Kebutuhan berorganisasi, belajar di luar kampus, serta peka terhadap kejadian di masyarakat.

Dr. Ir. Husmy Yurmiati, MS menyampaikan pernyataan tersebut, saat memberikan pembekalan materi di hadapan ratusan peserta mahasiswa baru, Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran yang berlangsung di Gedung Aula, Jumat(3/8). Dalam pembahasannya, dikemukakan bahwa keadaan ini dipengaruhi oleh keadaan sebelumnya, yakni terbiasa mendapat bantuan guru dari bimbingan belajar, kemudian belajar dengan cara menghafal.

“Hal tersebut, bisa menyebabkan mahasiswa sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus, kurang termotivasi untuk berprestasi, ditambah masalah pribadi yang menganggu fokus belajar,” kata Dr. Husmy Yurmiati.

Untuk itulah tim TPBK berperan dalam membantu permasalahan yang dialami oleh mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat membuat keputusan serta mampu untuk mandiri. Diharapkan dengan tercapainya solusi atas masalah tersebut, mampu mengoptimalkan mahasiswa sebagai peneliti dan mengamalkan ilmu bagi lingkungan terdekatnya.

Sejalan dengan Dr. Husmy Yurmiati, proses belajar tidak terlepas dari etika pergaulan dan sopan santun di dalam lingkungan kampus. Seperti yang diungkapkan oleh Ir. Henny Siti Mainah, DAA bahwa perbedaan nilai budaya, agama, serta sikap setiap individu sangat berbeda dan berpotensi mengakibatkan terjadinya benturan.

“Potensi terjadinya benturan, dapat diatasi dengan jalan mematuhi etika akademis. Yaitu mematuhi seluruh aturan yang berlaku di lingkungan Unpad, termasuk didalamnya etika berkomunikasi dan berpenampilan. Selain itu etika lainnya adalah turut menjaga dan melestarikan lingkungan,” ujarnya. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment