Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Pola Usaha Makloon

Written by admin on July 30, 2009. Posted in Pengabdian Masyarakat

[peternakan.unpad.ac.id, 30/09/2009] Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya para mahasiswanya mengadakan kegiatan kerjasama dengan pihak industri. Salah satu diantaranya adalah dengan PT. Pilar Farm yang bertempat di Test Farm Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Yusuf Hilman dan Dani Ramdani mahasiswa peternakan angkatan 2006, kegiatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan pola usaha makloon.

Dengan pola ini pihak fakultas menyediakan kandang, sedangkan PT. Pilar Farm menyediakan vaksin. Tujuan dari kerjasama ini adalah dalam rangka memfasilitasi mahasiswa yang hendak melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Dani Ramdani mengatakan ke depan diupayakan peningkatan berbagai fasilitas yang ada terutama dalam mendukung program PKL yang dilaksanakan. “Kebutuhan gudang pakan dan tempat cuci peralatan kandang merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh kami, untuk mendukung kelancaran PKL.” tutur Dani Ramdani.

Sistem kandang yang menggunakan open house dan close house mempunyai total 2000 ekor ayam yang siap panen. Diperkirakan panen akan dilakukan akhir bulan Juli. Mahasiswa yang aktif terlibat dalam kegiatan PKL mendapat upah Rp. 200/ekor.

“Kami tidak mempermasalahkan soal upah. Karena tujuan kami tetap fokus untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman nyata di lapangan. Hal ini tentunya sangat berguna dalam menambah kemampuan yang dimiliki. Sehingga ke depan dapat membuka pintu dalam bidang wirausaha dan sektor lapangan kerja.” kata Yusuf Hilman.***(/bayu)

Trackback from your site.

Leave a comment