Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Produk Ciptaan Mahasiswa Unpad Juara di Intensive-Student Technopreneurship Program (i-STEP) 2013

Written by bayuns on July 23, 2013. Posted in Kemahasiswaan

[Unpad.ac.id, 19/07/2013] Dua orang mahasiswa Unpad, Febri Herdiman Zebua (Fakultas Peternakan) dan Michelle Azista Nabila Casandra (Fakultas MIPA) berhasil meraih juara 1 The Best Technological Innovation dalam kegiatan Intensive-Student Technopreneurship Program (i-STEP) 2013 yang digelar oleh Recognition and Mentoring Program (RAMP) Institut Pertanian Bogor (IPB) di Bogor pada 24 Juni – 6 Juli 2013.

Febri dan Michelle berhasil menjadi juara melalui produk Blue Green Nature-Feed™. Produk ini merupakan serbuk yang terbuat dari Spirulina untuk unggas. Spirulina sendiri merupakan organisme nabati renik (tumbuhan air mikroalga) yang hidup pada medium air tawar maupun air laut. Spirulina dinilai memiliki banyak manfaat.

“Produk yang kami buat ini memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan unggas, diantaranya kuning telur menjadi lebih merah, warna daging menjadi lebih cerah, serta ayam makannya jadi labih sedikit tapi berat badannya tetap besar,” ujar Michelle saat diwawancarai Humas Unpad, Jumat (19/07) di Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor.

Lebih lanjut Michelle menjelaskan, produk yang dibuatnya dapat menjadi alternatif obat bagi ternak unggas. Setelah melakukan observasi ke beberapa peternakan unggas, mereka  menemukan banyak sekali obat-obatan yang digunakan untuk pertumbuhan hewan. Hal tersebut tentunya turut memengaruhi kualitas dagingnya,

“Dengan spirulina bisa mewakili semua obat-obatan yang digunakan untuk unggas untuk mengurangi penggunaan zat-zat kimia pada unggas,” tambah Febri.

Keduanya menuturkan, ide awal pembuatan produk tersebut berawal dari ketertarikan Febri pada unggas dan Michelle pada spirulina. “Pada saat itu, kami iseng memberikan spirulina pada unggas dan ternyata manfaatnya sangat banyak,” ujar Michelle yang telah mengembangkan spirulina sejak 2 tahun yang lalu.

Produk itulah yang membawa keduanya meraih juara pertama dalam i-STEP 2013 yang diikuti oleh sekitar 17 perguruan tinggi di Indonesia. Program i-STEP sendiri merupakan program pelatihan yang dirancang untuk memberikan bekal dan mendampingi mahasiswa dalam membawa ide atau solusi teknologi hingga menjadi suatu usaha yang bernilai di masyarakat.

Febri menjelaskan, di i-STEP keduanya mendapat pelatihan pemberian materi soft skill, teknologi, hingga pengembangan entrepreneurship sendiri. “Di sana juga kita diberikan materi cara menulis proposal yang baik. Itu pun kita terapkan di proposal usaha kita. setelah itu proposal itu pun kita presentasikan di hadapan tim reviewer dan meraih juara,” ungkap Febri.

Febri pun menuturkan, melalui prestasinya di i-STEP 2013 dapat membuka peluang yang lebih luas bagi keduanya untuk mengembangkan produk tersebut. “Awalnya kita ikut i-STEP ini karena kita punya ide yang sesuai dengan kualifikasi yang diminta oleh i-STEP. Di sana juga kita bisa dikenalkan dengan beberapa investor yang bisa membuka peluang usaha kita,” ujar Febri.

Ke depan, keduanya pun ingin mengembangkan lebih jauh produk spirulina tersebut, termasuk di antaranya ialah mendapatkan hak paten. “Kita sudah mendaftarkan produk ini ke HAKI tapi masih dalam proses. Kita harapkan program kita mendapat dukungan penuh dari Unpad,” ujar Febri dan Michelle.

Sumber: http://www.unpad.ac.id/2013/07/produk-ciptaan-mahasiswa-unpad-juara-di-intensive-student-technopreneurship-program-i-step-2013/

Trackback from your site.

Leave a comment