Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Program Farm Stay Berlokasi di Test Farm Unggas di Kawasan Sustainable Livestock Techno Park (SLTP)

Written by admin on April 22, 2009. Posted in Pengabdian Masyarakat


Program Farm Stay pemeliharaan broiler dilakukan di kawasan Sustainable Livestock Techno Park (SLTP) Test Farm Unggas Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, menggunakan kandang sistem semi Close House dengan tujuan agar temperatur kandang, kelembaban, serta suhu dapat terkendali dengan baik terutama dalam memelihara ayam broiler.

Banyak keunggulan lainnya dengan menggunakan metode semi Close House salah satu diantaranya yaitu dapat mempengaruhi tingkat kepadatan atau density yang bisa mencapai 50 persen.

“Sebagai contoh dengan menggunakan metode semi Close House misalnya ayam broiler yang diternak berjumlah 10 ekor, dapat bertambah density menjadi 15 hingga 20 ekor.” Kata Endang Sujana, S.Pt., MP Kepala Unit Test Farm Fakultas Peternakan Unpad yang juga merupakan salah satu staf pengajar di Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.

Perbedaan mendasar pada sistem Close House dengan Open House ialah terletak pada pengaturan iklim mikro. Pengaturan ini dampaknya berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ayam broiler.

Setelah dilakukan penimbangan diketahui bobot yang diperoleh mencapai 2.2 kilogram pada umur 33 hari. Diperkirakan rata-rata bobot yang dicapai pada kisaran 1.8 hingga 1.9 kilogram

Sebagai perlengkapan untuk mendukung teknik Close House, Fakultas Peternakan Unpad mempunyai alat pendingin yang tersambung dalam kontrol panel untuk mengatur kelembaban temperatur, pencahayaan, dan kecepatan angin. Selain itu juga dilengkapi dengan alat pembuangan udara untuk mengeluarkan CO2 dan amoniak

Untuk menjaga agar suhu tetap terjaga dipasanglah alat pendingin pada sekitar dinding kandang, yang terhubung dengan panel. Dalam hal ini ayam broiler sangat memerlukan suhu yang relatif rendah.

Untuk kesehatan vaksin diberikan kepada ayam broiler dengan jenis ND pada usia dua hari melalui tetes mata dan sub cuttan/ND Kill. Selanjutnya vaksin lainnya diberikan pada umur 12 hari yaitu dengan memberikan vaksin IBD/Gumboro melalui air minum.

Sebagai informasi tambahan untuk hasil panen adalah sebagai berikut: ayam terpanen 1953 ekor, tonase 3610 kilogram, rata-rata bobot 1.85 kilogram, Fc 1.57, rataan umur 33 hari, mortalitas 2,35 persen IP 348. Tampak mobil pengangkut ayam broiler dari D.O Bu Lia untuk pasar Ciroyom siap melayani permintaan dan kebutuhan konsumen.***(bayu)

Trackback from your site.

Comments (4)

  • andri
    August 6, 2012 at 5:04 am |

    pak/bu…untuk mendapatkan info tentang sistem kandang ini yang lengkap saya bisa dapatkan di mana ya?

    • bayuns
      August 6, 2012 at 7:56 am |

      Yth Andri,
      Untuk penanggung jawab bidang profesi dan kewirausahaan dapat menghubungi Pembantu Dekan III Fakultas Peternakan Unpad. Demikian, terima kasih.

  • angga
    March 6, 2016 at 4:08 pm |

    Selamat malam, mau tanya kalau buku lengkap teknik pemeliharaan ayam broiler close house system saya bisa dapatkan dimana?

    • bayuns
      March 7, 2016 at 12:59 am |

      Yth Angga,

      Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Perpustakaan Fakultas Peternakan Unpad. Demikian, terima kasih.

Leave a comment