Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Rapat Kerja Daerah HPDKI Jawa Barat 2014

Written by bayuns on May 16, 2014. Posted in Event

Rakerda.1 Rakerda.2

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Paguyuban 30 Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran bekerjasama dengan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) DPD Jawa Barat, menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah yang berlangsung di Jatinangor, Jumat (16/5).

Prof. Dr. Husmy Yurmiati selaku Dekan Fakultas Peternakan Unpad dalam sambutannya mengatakan, hasil Rapat Kerja Daerah diharapkan dapat menemukan solusi nyata, untuk lebih mengembangkan potensi Domba Garut, yang merupakan ikon Jawa Barat. “Tentu dapat dipahami, dalam mewujudkan hal tersebut, pastinya mengalami berbagai kendala. Seperti masalah lahan, pakan dan penyediaan bibit,” ujar Husmy.

Ia menyatakan, kerjasama yang telah dilakukan antara HPDKI dan Paguyuban 30 Fakultas Peternakan Unpad, dapat terus berlanjut di masa yang akan datang. “Kegiatan ini, khususnya bagi mahasiswa Peternakan, merupakan ilmu yang sangat berguna. Sehingga, dapat meneruskan potensi Domba Garut di Jawa Barat dengan melibatkan berbagai pihak yang terkait,” ujarnya.

Kepala Dinas Peternakan Propinsi Jawa Barat Dody Firman Nugraha dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, pengembangan dan pemeliharaan hewan ternak domba harus memenuhi kebutuhan dalam negeri. Meskipun hal tersebut belum dapat tercapai, karena tidak terwujudnya kesinambungan pemeliharaan.

“Diperlukan upaya dan langkah sentralisasi kawasan peternakan yang terintegrasi, dengan kebutuhan pasar. Disamping itu, pengembangan sumber daya genetik Domba Garut sebagai plasma nutfah Jawa Barat, harus berorientasi pada kecukupan pangan dan sumber daya ternak berkelanjutan. Diperlukan pengelolaan dan pemeliharaan yang tepat,” tutur Dody.

Kegiatan Rapat Kerja Daerah dilanjutkan dengan Dialog Interaktif yang melibatkan beberapa narasumber. Diantaranya, Dekan Fakultas Peternakan Unpad, Kepala Dinas Peternakan Propinsi Jawa Barat, Yudi Guntara bertindak sebagai moderator dan Dede Hilman mewakili Agro Surya Perkasa.(BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment