Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Rektor Lantik 6 Dekan di Lingkungan Unpad

Written by bayuns on January 2, 2014. Posted in Event

lantikdekan

[Unpad.ac.id, 2/01/2014] Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia melantik 6 dekan di lingkungan Unpad. Pelantikan ini dilakukan pada Kamis (02/01) di Ruang Executive Lounge lantai 2 Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor dan dihadiri oleh pimpinan, dekan, dan pejabat di lingkungan Unpad.

Keenam dekan yang dilantik tersebut merupakan dekan dari Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran. Pelantikan tersebut didasarkan atas Surat Keputusan Rektor No. 4667 s.d. 4678/UN6.RKT/2013.

Dalam sambutannya, Rektor mengingatkan para dekan yang dilantik untuk terus meningkatkan capaian yang telah dilakukan oleh dekan-dekan sebelumnya. “Ke depan, kita dihadapkan pada tantangan yang berat sehingga tugas dekan yang baru adalah melanjutkan apa yang telah menjadi cumlaude oleh dekan sebelumnya untuk kemudian menjadi summa cumlaude,” ujar Rektor.

Salah satu tantangan ke depan bagi Unpad adalah menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Pendidikan (PT BHP). Dengan pengubahan status tersebut, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan, diantaranya peningkatan ranking Unpad di Scopus yang saat ini masih menduduki peringkat 8 pada tingkat nasional, akreditasi institusi yang harus A, dan 80% program studi berakreditasi A.

Kriteria lain yang dipertimbangkan adalah pengelolaan manajemen keuangan yang sekurang-kurangnya memperoleh gelar Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 2 kali, aspek keramahan sosial, dan presentase mahasiswa yang membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) di bawah Rp 1,5 juta.

Adapun tantangan lain yang diungkapkan adalah pengubahan istilah program studi menjadi departemen, serta pemilihan wakil dekan dan ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas Mahasiswa.

“Wakil Dekan dan Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas Mahasiswa diharapkan sudah terpilih paling lambat 2 minggu setelah pelantikan dekan,” imbuh Rektor.

Rektor pun mendorong para Dekan terpilih untuk bersama-sama meningkatkan jumlah guru besar di Unpad. Diakui Rektor, jumlah guru besar yang ada saat ini berjumlah 125 orang. Jumlah tersebut belum mencapai 10% dari total jumlah dosen di Unpad, yakni 2000 orang.

Selain melantik dekan, Rektor pun memberikan penghargaan kepada Fakultas Teknik Geologi (FTG) Unpad sebagai fakultas yang paling tinggi melaksanakan kegiatan penelitian dengan pihak ketiga pada tahun 2013. Pemberian penghargaan ini diserahkan langsung oleh Rektor kepada Dekan FTG Unpad, Prof. Dr. Hendarmawan.

Adapun nama-nama dekan yang dilantik yaitu:

  1. Dr. Ir. H. Sudarjat, M.P., sebagai Dekan Faperta Unpad menggantikan Prof. Dr. Ir. Benny Joy, M.S.
  2. Prof. Dr. Ir. Husmy Yurmiati, M.S., sebagai Dekan Fapet Unpad menggantikan Dr. Ir. Iwan Setiawan, DEA.
  3. Dr. Arry Bainus, M.A., sebagai Dekan FISIP Unpad menggantikan Prof. Dr. H. Asep Kartiwa, S.H., M.S.
  4. Drs. Yuyu Yohana Risagarniwa, M.Ed., Ph.D., sebagai Dekan FIB Unpad menggantikan Prof. Dr. Dadang Suganda, M.Hum.
  5. Dr. Nina Djustiana, drg., M.Kes., sebagai Dekan FKG Unpad menggantikan Prof. Dr. H. Eky S. Soeria Soemantri, drg., Sp.Ort(K).
  6. Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr., yang kembali menjabat sebagai Dekan FK Unpad.*

Sumber: http://www.unpad.ac.id/2014/01/rektor-lantik-6-dekan-di-lingkungan-unpad/

Trackback from your site.

Leave a comment