Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Rektor Unpad Lantik 5 Dekan

Written by admin on January 6, 2010. Posted in Informasi Umum

[Unpad.ac.id, 5/01] Bersamaan dengan peresmian stadion Jati Padjadjaran dan Bale Santika, Selasa (5/01) kemarin, Rektor Unpad Prof. Ganjar Kurnia juga melantik beberapa Dekan, Kepala Biro, Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian, dan pemberian SK Rektor kepada Kepala UPT yang baru di Gedung Serba Guna Bale Santika, Kampus Unpad Jatinangor.

Dalam sambutannya, Rektor menjelaskan bahwa pada tahun 2009 lalu, Unpad telah melakukan pembenahan administratif terutama yang berkaitan dengan registrasi dan herregistrasi. Diakuinya, walaupun pada awalnya masih tersendat, namun ini merupakan langkah fundamental dalam rangka membangun good governance di Unpad. “Melalui budaya organisasi yang baik, kita akan kedepankan nurani dan aturan sebagai landasan untuk melangkah,” jelas Rektor.

Selain itu, aspek lain yang menjadi perhatian adalah berkaitan dengan pemenuhan data Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED). Bila selama ini hanya dianggap untuk kepentingan peminta data saja, EPSBED justru dijadikan landasan dalam membuka, menutup dan mengevaluasi program studi. EPSBED ini digunakan pula sebagai salah satu indikator di dalam akreditasi institusi. “Khusus untuk akrdetasi institusi ini, kita harus bersiap-siap lagi, karena akan dilakukan pada tahun ini. Saya sudah meminta Prof. Nurpilihan Bafdal untuk kembali menjadi ketua persiapan akreditasi institusi ini,” lanjut Rektor.

Rektor juga menyorot updating informasi yang berkaitan dengan profil fakultas lengkap dengan segala aktivitasnya. Walaupun Unpad telah menyediakan template untuk situs fakultas, tapi sayangnya kurang dimanfaatkan. “Karena itu diharapkan, updating situs fakultas ini harus menjadi salah satu prioritas kita pada bulan Januari. Hal ini sangat penting dalam rangka menyongsong penerimaan mahasiswa baru tahun 2010/2011,” jelasnya.

Berkaitan dengan pola penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SMUP, Rektor menjelaskan bahwa mengingat pentingnya kelembagaan SMUP, mulai saat ini pengelolaan SMUP tidak lagi dalam bentuk kepanitiaan, tetapi merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT). “Dengan cara demikian, maka keberadaan UPT SMUP ini bisa melembaga dan berkoordinasi dengan lembaga lain di universitas dan fakultas,” jelas Prof. Ganjar.

Terkait dengan hal itu, pada acara tersebut Rektor Unpad menyerahkan SK Rektor kepada Prof. Dr. Ir. Dadi Suryadi, M.S., berkenaan dengan pengangkatannya sebagai Kepala UPT SMUP, sekaligus juga menyerahkan SK Rektor kepada Prof. Dr. I. Syarif Hidayat, M.S., berkenaan dengan pengangkatannya sebagai Kepala UPT Bidang Studi menggantikan H. Mustafid Amna, Drs., M.A.

Menyambut BHP
Pada kesempatan itu pun Rektor juga menyoroti tentang pengelolaan keuangan. Sebagaimana diketahui, di dalam sistem Badan Hukum Pendidikan yang harus sudah dilaksanakan oleh Unpad paling lambat pada akhir tahun 2010, jumlah penerimaan mahasiswa tidak boleh lebih dari 30%. Tantang kita ke depan adalah mencari sumber dana lain di luar dana pemerintah dan mahasiswa.

“Ada dua peluang besar. Pertama adalah mengoptimalkan berbagai aset yang ada, dan yang kedua adalah meningkatkan kerja sama dengan pihak ketiga melalui kerja sama penelitian,” jelasnya.

Dalam sambutannya itu pun Rektor juga berulang kali menegaskan pentingnya meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah sebagai salah satu indikator world class university. Kerja sama penelitian juga seharusnya dipandang sebagai bentuk kepercayaan dari stakeholders terhadap kualitas penelitian yang kita lakukan. Penelitian, publikasi, sitasi, HAKI dan paten, harus menjadi perhatian setiap Dekan sebagai bagian dari IKK. “Mulai tahun ini laporan bulanan dari masing-masing dekan, isinya diharapkan pada pencapaian IKK,” tegas Rektor.

Terkait dengan pembangunan infrastruktur, Rektor memaparkan pencapaian Unpad pada tahun 2009 ini. Unpad terus melakukan berbagai upaya untuk melengkapinya, salah satunya adalah pembangunan gedung rektorat yang dijadwalkan pada tahun 2010 dan fasilitas lainnya. “Bersamaan dengan upaya-upaya yang dilakukan universitas, kami harapkan bahwa pelayanan dan pemenuhan sarana akademis di fakultas ditingkatkan pula,” lanjut Rektor.

Seusai acara pelantikan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Unpad dengan Bank Saudara. Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Rektor Unpad dan Direktur Utama Bank Saudara, Farid Rahman, SE., MBA. “Sejauh ini, Bank Saudara telah melakukan beberapa kerja sama dengan beberapa fakultas di Unpad berkaitan dengan pembiayaan bagi dosen dan karyawan. Diharapkan dengan MoU ini, Bank Saudara dapat berbuat banyak bagi Unpad dan masyarakat Bandung pada umumnya,” jelas Farid.

Berikut ini adalah nama-nama yang dilantik berdasarkan Keputusan Rektor Nomor: 2491 s.d. 2527/H6.1/Kep/KP/2009:

  1. Prof. Dr. H. Asep Kartiwa, SH., MS sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  2. Prof. Dr. Ir. H. Benny Joy, MS sebagai Dekan Fakultas Pertanian
  3. Dr. Ir. Iwan Setiawan, DEA sebagai Dekan Fakultas Peternakan
  4. Prof. Dr. Dadang Suganda, M.Hum sebagai Dekan Fakultas Sastra
  5. Prof. Dr. drg. H. Eky Setiawan, Sp.Ort sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Gigi
  6. Agus Safari, M.Si sebagai Kepala Biro Administrasi Keuangan
  7. Bambang Setiawanto, SP sebagai Kepala Subbagian Program Bidang Pengabdian kepada Masyarakat pada Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat
  8. Adang Herawan Zaenal Shadikin Partasasmita, SH sebagai Kepala Subbagian Perencanan Fisik pada Biro Administrasi Perencanaan & Sistem Informasi
  9. Tatang Budiman, S.IP., MM sebagai Kepala Subbagian Minat & Penalaran pada Biro Administrasi Kemahasiswaan
  10. Rikrik Sri Tesna Sumirat, S.Sos., M.Si sebagai Kepala Subbagian Penunjang Pendidikan & Pembinaan Karier Mahasiswa pada Biro Administrasi Kemahasiswaan
  11. Dra. Herliasari, MM sebagai Kepala Subbagian Kemahasiswaan Fakultas Hukum
  12. Suryaman, S.Sos sebagai Kepala Subbagian Keuangan & Kepegawaian Fakultas Sastra
  13. Ma’mun Fachrudin, S.Sos sebagai Kepala Subbagian Pendidikan Fakultas Pertanian
  14. Drs. M. Dadang Kusmana sebagai Kepala Subbagian Kemahasiswaan Fakultas Psikologi
  15. Mochamad Taufiq, S.Pt sebagai Kepala Subbagian Pendidikan Fakultas Teknologi Industri Pertanian
  16. Wahyi, S.IP sebagai Kepala Subbagian Keuangan & Kepegawaian Fakultas Teknologi Industri Pertanian
  17. Hanhan Sutrisna, S.Sos sebagai Kepala Subbagian Umum & Perlengkapan Fakultas Ilmu Keperawatan
  18. Cucu, S.Sos., MH sebagai Kepala Subbagian Umum & Perlengkapan Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan

Sumber: http://www.unpad.ac.id/berita/rektor-unpad-lantik-5-dekan/

Trackback from your site.

Leave a comment