Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Renstra Fakultas Peternakan Unpad 2011-2020: “Penguatan Pelayanan Pendidikan dan Pelaksanaan Riset Yang Berdaya Saing”

Written by admin on May 5, 2011. Posted in Download

Cover-Renstra-230x300JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Tema strategis Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran pada periode 2011-2020, ditekankan kepada penguatan pelayanan pendidikan dan pelaksanaan riset yang berdaya saing. Dalam mengemban misi tridharmanya, Fakultas Peternakan dituntut menghasilkan output berupa lulusan pada berbagai strata yang kompeten sesuai dengan tuntutan pembangunan, hasil-hasil riset bermutu yang dapat memberikan kontribusi terhadap pemecahan berbagai persoalan yang berkembang di bidang peternakan, serta pengabdian berupa tenaga maupun pemikiran dari stafnya yang mampu meningkatkan kemandirian masyarakat peternak khususnya dalam pengembangan peternakan.

Fakultas Peternakan diberi kewenangan mengelola lahan yang dapat dikembangkan menjadi sarana penunjang pendidikan, sehingga kesempatan untuk lebih mengembangkan Sustainable Livestock Techno Park (SLTP) sebagai laboratorium lapangan dan kewirausahaan masih terbuka. Selain mengembangkan sarana dan prasarana, peningkatan mutu proses maupun hasil menjadi perhatian yang urgen dari sivitas akademika, mengingat era persaingan global dewasa ini menuntut dunia pendidikan harus sudah mempersiapkan prioritas terhadap aspek peningkatan mutu dan daya saing.

Menyikapi tantangan tersebut, Fakultas Peternakan sebagai unit kerja dalam lingkup Kementerian Pendidikan Nasional, telah menetapkan bahwa rencana strategis sepuluh tahun yang akan datang merupakan milestone yang harus merubah orientasi proses maupun output dari kuantitas kepada kualitas. Aktivitas riset dan publikasi ilmiah pada jurnal terakreditasi harus menjadi indikator kunci dari kinerja dosen Fakultas Peternakan, demikian pula proses edukasi yang efisien (tepat waktu), terstandarisasi, serta efektif dalam menghasilkan lulusan yang kompeten harus menjadi parameter kunci atas kinerja manajemen fakultas dan kompetensi dosen maupun tenaga kependidikan.

Kompetensi sarjana peternakan dibekali dengan tiga hal, yaitu diarahkan sebagai pekerja yang berpengetahuan dan terampil (knowledgeable and skillfull worker), sebagai manager dan sebagai pengusaha.

Dalam meningkatkan kinerja penelitian, telah dibangun payung penelitian fakultas dengan delapan tema pengembangan sebagai berikut:

1. Pengembangan Sumberdaya Genetik Ternak Yang Adaptif terhadap Ekosistem Lokal

2. Pengembangan Sistem Produksi Berbasis Ekosistem Lokal

3. Peningkatan Produktivitas Ternak Berbasis Fitofarmaka

4. Pengembangan Teknologi Pengelolaan Limbah Peternakan Yang Adaptif

5. Pengembangan Pakan Berbasis Sumberdaya Lokal

6. Pengembangan Teknologi Pengolahan Hasil Ternak Yang ASUH

7. Pengembangan Usaha Peternakan Yang Kompetitif

8. Pengembangan SDM dan Kelembagaan Peternakan Yang Adaptif

Sumber: RENSTRA 2011-2020 dan RENOP 2011-2015 Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran

Trackback from your site.

Leave a comment