Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Renungan Ayat Suci Al-Qur’an: Mengapa bencana terjadi ?

Written by admin on October 8, 2009. Posted in Informasi Umum

Kalau kita perhatikan sudah berulang kali negeri yang kita cintai ini mengalami berbagai macam musibah dimana-mana. Gempa bumi, longsor, gunung meletus, banjir, lumpur lapindo, kebakaran, kekeringan, kecelakaan alat transportasi dan sebagainya. Mungkin masih banyak musibah lain yang kita tidak memperhatikannya. Hal ini pun terjadi seminggu yang lalu, tepatnya tanggal 30 September 2009 hari Rabu pukul 17.16 WIB, kita tercengang karena tanah ranau Padang luluh lantak di hentak guncangan gempa bumi berkekuatan 7,6 SR.

Gempa tersebut menghancurkan gedung-gedung tinggi, perkantoran, swalayan, sekolah-sekolah, rumah-rumah, tanah longsor yang menenggelamkan perkampungan mengakibatkan ratusan saudara-saudara kita meninggal. Banyak yang kehilangan anggota keluarga, istri, suami, orang tua, serta anak yang menjadi yatim piatu.

Orang-orang kehilangan mata pencahariannya. Sawah, kebun, hewan ternak, dan tempat usaha yang menjadi sandaran hidup. Rumah yang di bangun hasil jerih payah selama ini termasuk harta benda mereka yang dikumpulkan bertahun-tahun hilang sekejap mata.

Timbul pertanyaan dalam diri kita, mengapa bencana demi bencana terus terjadi ? Untuk itu marilah kita renungkan firman Allah ini Qur’an surat 17 Al-Isro ayat 16:

“Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, Maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, Maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya Perkataan (ketentuan kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.”

Saya sangat tercengang dan kaget sekali bahwa terjadinya gempa ini terjadi jam 17 lewat 16 menit (sangat bertepatan sekali dengan firman Allah Q.S Al-Isro17 ayat 16). Maka kalau kita perhatikan ayat di atas ternyata ini adalah peringatan Allah kepada kita bangsa Indonesia.

Mudah-mudahan mereka yang meninggal diterima amal ibadahnya dan ditempatkan disisi-Nya. Kepada keluarga yang ditinggalkan mudah-mudahan diberi ketabahan, kesabaran dan dikuatkan imannya. Semoga Allah SWT memberi kehidupan yang lebih baik lagi bagi mereka. Amin. Hanya dengan ketaatan kepada Allah, kita akan terhindar dari azab-Nya baik di dunia maupun di akherat. Insya Allah.

Rohman, Staf Administrasi Akademik
Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran
081322827761

Trackback from your site.

Leave a comment