Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Rona Ayudya: Berwirausaha, menciptakan lapangan kerja, dan membantu masyarakat peternak Indonesia

Written by bayuns on August 6, 2012. Posted in Event

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Kondisi umum peternakan di Indonesia, masih di dominasi oleh peternakan rakyat. Dengan sifat usaha skala kecil dan menengah serta belum bersifat intensif. Selain itu usaha di bidang peternakan belum menjadi kebutuhan primer, karena dimonopoli oleh perusahaan besar.

“Banyak lulusan peternakan, setelah selesai studi melamar menjadi PNS. Tidak sedikit yang bekerja di sektor perbankan atau bergerak di bidang swasta. Tapi sangat sedikit yang fokus bidangnya,” kata Rona Ayudya, S.Pt seorang praktisi dan konsultan peternakan pada acara pembekalan materi mahasiswa baru Fakultas Peternakan di Jatinangor, Senin (6/8).

Rona Ayudya yang juga alumni Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran ini mengatakan, potensi dan peluang usaha peternakan sangatlah besar dan menjanjikan. Komoditas yang dapat dikembangkan antara lain sapi potong, sapi perah, domba dan kambing, kambing perah, ayam broiler, ayam ras petelur, buras dan berbagai komoditas ternak lainnya.

“Sebagai gambaran, usaha sapi potong penggemukan, bisa mendatangkan keuntungan 1 juta/ekor/3 bulan. Sementara usaha pembibitan, dapat meraih 2 juta/ekor/tahun. Dengan demikian sektor lapangan kerja pun terbuka dan menyerap tenaga kerja di lingkungan terdekat,” ungkapnya. Ia menegaskan, Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran mengajarkan kepada para mahasiswanya untuk berwirausaha, menciptakan lapangan pekerjaan, dan membantu masyarakat peternakan Indonesia. (BNS).

Trackback from your site.

Comments (2)

Leave a comment