Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Santi Agustini, Wisudawan Terbaik Program Sarjana pada Wisuda Unpad Gelombang II TA 2017/2018

Written by bayuns on February 7, 2018. Posted in Kemahasiswaan

[unpad.ac.id, 7/02/2018] Lulusan Fakultas Peternakan Unpad, Santi Agustini, terpilih menjadi wisudawan terbaik Program Sarjana pada Wisuda Lulusan Gelombang II Tahun Akademik 2017/2018. Santi diwisuda pada pelaksanaan wisuda Sesi II di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (6/02) kemarin.

Perempuan kelahiran Kuningan, 14 Agustus 1996 ini lulus program studi Peternakan Unpad pada 8 Januari 2018 lalu dengan IPK 3,95 dan masa studi 3 tahun 5 bulan. Ia lulus dengan skripsi berjudul “Pemberian Pakan Hijauan Daun Corchorus aestuans sebagai Anti Inflamasi”. Bagi Santi, ada kebanggaan tersendiri terpilih menjadi salah satu wisudawan terbaik.

“Setiap wisuda ‘kan saya suka datang, dan tahu ada wisudawan terbaik. Wah, saya mau tuh seperti itu, menjadi wisudawan terbaik,” ungkap Santi saat ditemui di Ruang Humas Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (6/02).

Saat lulus SMA, jangankan terpikir menjadi wisudawan terbaik, bisa kuliah saja Santi sudah sangat bersyukur. Saat itu, keinginan Santi untuk dapat melanjutkan studi ke pendidikan tinggi sempat terganjal masalah biaya. Kondisi perekonomian keluarga tidak memungkinkan bagi Santi dan saudara kembarnya, Sinta Agustina untuk kuliah.

“Awalnya tidak ada biaya untuk kuliah, tapi keinginan untuk kuliah tinggi. Orang tua kan tinggal Ibu, kata Ibu kalau ada rezeki ya kuliah, kalau tidak ya kerja dulu baru kuliah,” kenang putri bungsu pasangan Lili Tarli (alm.) dan Rukini ini.

Beruntung Santi dan Sinta diperkenalkan dengan Program Bidikmisi. Melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2014, Santi berhasil lulus dan kuliah di Fakultas Peternakan Unpad, dan Sinta kuliah di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unpad.

Alhamdulillah, masuk Unpad, dan disitu saya ingin membuktikan bahwa saya dari desa, dari SMA yang bukan favorit, tapi saya bisa loh bersaing dengan teman-teman lain dari SMA favorit. Dari situ saya jadi punya target. Saya yakin kalau sesuatu sudah ditargetkan, otomatis sayanya juga terus mencari cara  bagaimana mencapai target itu,” ujar Santi.

Target Santi kala itu adalah lulus kuliah kurang dari 4 tahun, dan seimbang antara prestasi akademik dan nonakademik. Menjadi wisudawan terbaik juga salah satu yang menjadi impiannya.

“Bersyukur ada Bidikmisi, jadi saya harus berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik bagi diri saya sendiri, keluarga, dan tentunya untuk negara yang sudah membiayai saya. Saya tidak mau mengecewakan orang-orang yang sudah berkorban untuk saya bisa kuliah,” ujar Santi yang tertarik pada ilmu nutrisi pakan ternak.

Selama kuliah, Santi berusaha mengelola waktunya dengan baik, antara kegiatan akademik dan nonakademik. Menurut Santi, apabila ia hanya fokus pada nilai akademik tanpa mengasah soft skill, maka ia bisa tertinggal.

Tidak mengganggu kegiatan kuliah, ia dan Sinta juga kerap mencari cara untuk mencari tambahan uang untuk biaya hidupnya dan keluarga. Salah satunya, adalah berjualan makanan di kampus. Semua kegiatan ini ia kelola waktunya dengan baik.

Santi juga aktif berorganisasi. Ia aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan Unpad dan sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas, diantaranya pernah dipercaya menjadi Kepala Biro Keuangan BEM Fapet Unpad 2016 dan Sekretaris Umum BEM Fapet Unpad 2017.

Sejumlah prestasi juga pernah ia dapat, diantaranya terpilih menjadi delegasi Unpad di Asean Students Youth Camp di Bangkok Thailand 2017, delegasi Unpad di National Leadership Training di Bengkulu 2017, dan peserta terfavorit National Leadership Training di Bengkulu 2017.

Untuk mengejar nilai bagus, Santi pun merasa ia tidak pernah belajar dengan ambisius. Santi merasa ia mendapat hasil maksimal jika belajar sambil berdiskusi bersama teman-temannya. Ia juga selalu memperhatikan pemaparan dosen di kelas, agar lebih dapat memahami materi.

“Saya belajar yang terpenting untuk mengejar ilmu dan membanggakan orang tua. Ibu saya pernah berpesan kalau kuliah jangan hanya mengejar nilai, tapi cari ilmu sedalam-dalamnya,” ujar Santi.

Saat ini, Santi ingin melanjutkan studinya ke jenjang Magister di bidang Peternakan. Ke depannya, Santi juga ingin mengajak rekan-rekannya dari lintas bidang ilmu untuk mendirikan peternakan unggas di daerah asalnya,  Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Kuningan. Menurut Santi, peternakan unggas di daerahnya memiliki potensi yang baik. Selain itu, ia juga ingin mengamalkan ilmunya agar dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat di sekitar tempat tinggal Santi.

“Saya ingin apa yang saya dapatkan sampai saat ini, sampai saya lulus, saya ingin mengamalkannya sesuai dengan bidang saya sendiri,” harap Santi.*

Sumber: http://www.unpad.ac.id/2018/02/santi-agustini-wisudawan-terbaik-program-sarjana-pada-wisuda-unpad-gelombang-ii-ta-2017-2018/

Trackback from your site.

Leave a comment