Sarana dan Prasarana Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran

Secara garis besar sarana yang dikelola Fakultas Peternakan meliputi (1) gedung, berupa gedung perkuliahan, laboratorium, gedung perkantoran, student centre, kandang dan SLTP (Sustainable Livestock Techno Park), sarana ibadah, halaman, taman dan tempat parkir, (2) peralatan, berupa peralatan perkantoran, peralatan pendidikan, peralatan laboratorium, peralatan SLTP, ICT, dan (3) fasilitas penunjang seperti instalasi (lokal) air bersih, telepon, dan penerangan.

Kandang Domba

Sarana tersebut dimanfaatkan oleh seluruh sivitas akademika (mahasiwa, dosen, karyawan) sesuai dengan kewenangan, hak serta tupoksi masing-masing. Keberadaan sarana terebut memberikan andil yang besar dalam pelayanan kepada mahasiswa serta mendukung kegiatan proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu. Dana untuk penyediaan peralatan dan pemeliharaan peralatan laboratorium bersumber dari anggaran APBN, DIKS/DIPA UNPAD, kerja sama diantaranya kerjasama dengan LIPI (bantuan peralatan dari pemerintah Spanyol melalui Meat-Milk Project), dan dana hibah penelitian bantuan staf laboratorium sendiri.

Kandang Sapi Perah

UPT Teknologi Informasi (UPT TI) Development Centre of Information System and Technology for Education and Management (DCISTEM) mendapatkan tugas strategis untuk menjadi lini terdepan dalam dukungan penyediaan Teknologi Informasi (IT supporting line up) untuk mendukung pengelolaan pendidikan dan tata kelola organisasi. Akademik sebagai core business Perguruan Tinggi menjadi bagian terdepan yang dikembangkan UPT TI DCISTEM melalui dukungan sistem informasi akademik yang menyentuh seluruh aspek dalam Siklus Tata Kelola Mahasiswa (Student Life Cycle Management) yang memfasilitasi kebutuhan Mahasiswa dari mulai seleksi masuk, hingga berakhirnya masa studi dan mengikuti Wisuda.

Layanan Infrastruktur Universitas Padjadjaran menyediakan layanan internet yang ada di seluruh fakultas melalui jaringan LAN dan Wifi yang tersebar di Kampus Dipati Ukur maupun Kampus Jatinangor. Spesifikasi Layanan Akses ISP (Internet Service Provider) Telkom Internasional = 400Mbps Telkom Domestik = 250Mbps SDI Internasional = 200 Mbps SDI IX = 200 Mbps Alokasi Bandwith Alokasi Internet = 700Mbps Alokasi Data Center= 350Mbps

Kandang Sapi Potong

Adapun layanan yang lain : 1. Hosting : Hosting unpad merupakan layanan hosting yang disediakan oleh pihak Universitas Padjadjaran untuk para civitas Universitas padjadjaran. 2. Email : Unpad menyediakan layanan surat elektronik berbasis Zimbra bagi seluruh civitas dengan domain @unpad.ac.id atau @student.unpad.ac.id 3. Network Instalation : Layanan Pemasangan Jaringan 4. Multimedia : Layanan video conference dan VoIP

Fasilitas Perkuliahan dan Praktikum Sarana penunjang pembelajaran dan penelitian yang dimiliki Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran terdiri atas peralatan dan perlengkapan kuliah, peralatan laboratorium, ruang komputer, studio, bengkel, SLTP (Sustainable Livestock Techno Park), kebun percobaan, dan Perpustakaan. Peralatan dan perlengkapan kuliah yang dimiliki adalah LCD, in focus, komputer, papan tulis/white board dan printer. Sarana tersebut sebagian ditempatkan dimasing-masing ruangan, khususnya LCD, Over head projector dan papan tulis. Ketersedian peralatan dan perlengkapan kuliah dapat dilihat pada saat visitasi. Peralatan laboratorium, Studio dan kebun percobaan seluruhnya dikelola oleh masing-masing laboratorium yang bersangkutan. Keseluruhan sarana tersebut dimanfaatkan oleh masing-masing laboratorium maupuan lintas laboratorium sebagai sarana penunjang dan sarana untuk memperkuat proses pembelajaran seperti bengkel dan SLTP.

Perpustakaan Perpustakaan merupakan sarana penunjang yang sangat penting untuk proses pembelajaran baik bagi mahasiswa maupun dosen. Perpustakaan yang ada di fakultas ini terdiri atas satu buah perpustakaan yang dikelola langsung oleh fakultas dan tiga perpustakaan milik eks jurusan (Produksi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak, dan Sosial Ekonomi Peternakan).

Laboratorium Terpadu Sarana penunjang pembelajaran dan penelitian lainnya adalah laboratorium terpadu yang dirancang dengan konsep Sustainable Livestock Techno Park (SLTP) yang terdiri dari unit Teaching Farm Sapi Potong dan Unggas, Test Farm Unggas, Green Farm Hijauan Pakan Ternak, Lab. Processing hasil ternak, Mini Feed Mills, Unit Pengkajian dan Pengelolaan Limbah (UPPL), serta kawasan Biofarming.

Laboratorium Uji/Riset Fakultas Peternakan, sejak tahun 2009 telah membangun dan mempersiapkan Laboratorium Pengujian/Riset.Saat ini Lab. Uji/Riset telah digunakan secara umum baik untuk dosen, mahasiswa maupun pihak umum yang berasal dari luar lingkungan Fakultas.Adapun tujuan dibangunnya laboratorium uji tersebut adalah untuk meningkatkan ketersediaan fasilitas pengujian sampel-sampel penelitian yang lebih spesifik baik penelitian staf dosen, mahasiswa maupun sampel dari masyarakat umum dan industri. Laboratorium Uji dikepalai oleh seorang Kepala Laboratorium dan dibantu oleh tiga orang staf dosen, dimana seorang staf dosen mempunyai kompetensi Kimia dan dua staf dosen lainnya dari kompetensi Bioteknologi Pangan dan Nutrisi Ternak, serta 2 (dua) orang tenaga teknisi.