Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Sarjana Membangun Desa, Kelompok Jati Mulya Majalengka

Written by admin on March 28, 2011. Posted in Event

Diskusi di salah satu lokasi kelompok dimana Program SMD dijalankan oleh saudara Rachmat, selain menyenangkan, juga memberikan gambaran bagaimana program tersebut dijalankan dan bagaimana perkembangannya.

Menurut Rachmat, selain dikembangkan di kelompok di dekat tempat tinggalnya yang berada di wilayah Kecamatan Majalengka, ternak domba yang dipilih sebagai komoditas program SMD nya juga dikembangkan di beberapa kecamatan sekitar yang terjangkau (Kec. Kasokandel, Kec. Maja, dan Kec. Jati Gede (perbatasan Majalengka-Sumedang), dengan cara mengembangkan kelompok di wilayah tersebut.

Berdasarkan diskusi dengan para anggota kelompok, pola bagi hasil yang dijalankan oleh Rachmat dan kelompoknya memberikan keyakinan kepada para anggotanya untuk bisa lebih berkembang.  Potret salah satu kelompoknya yang ada di Desa Jati Mulya Kecamatan Kasokandel, memperlihatkan bahwa para anggota sangat bertanggung jawab terhadap kesehatan dan perkembangan masing-masing ternaknya, dicerminkan dengan kondisi ternak yang sehat dan sudah bereproduksi, serta adanya rencana perbaikan dan perluasan kandang sejalan dengan populasi yang terus bertambah.

Rachmat menginginkan di kelompok barunya ini juga dapat dibangun kandang yang lebih baik seperti yang dia kembangkan di dekat tempat tinggalnya. Terus berjuang dan sukses. (Is)

Trackback from your site.

Leave a comment