Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Sebanyak 1.200 Peserta Meriahkan Gelaran Smart With Milk Fapet Unpad

Written by admin on October 12, 2009. Posted in Event

[Unpad.ac.id, 11/10] Susu adalah minuman yang menyehatkan, namun tak semua penduduk Indonesia terbiasa mengonsumsi susu. Banyak ragam alasan untuk hal ini, dari mulai alasan kebiasaan hingga ekonomi. Tak heran jika konsumsi susu, bagi penduduk Indonesia masih minim. Melihat fakta tersebut, Fakultas Peternakan (Fapet) Unpad melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Cattle Buffalo Club (CBC) melakukan sosialisasi minum susu.

Perhelatan yang bertajuk “Smart with Milk” itu diadakan di Taman Pramuka, Jln. LLRE Martadinata, Bandung, Sabtu (10/10). Sosialisasi yang ditujukan bagi anak-anak usia dini tersebut dikemas dengan apik. Tak hanya pembagian susu gratis, acara tersebut juga dimeriahkan dengan lomba menggambar dan mewarnai. Sosialisasi juga disisipi penampilan badut dan sulap.

Smart with Milk adalah sosialisasi kami dari CBC Fapet Unpad mengenai pentingnya mengonsumsi susu. Kebiasaan ini selain menyehatkan juga berimbas pada peternak susu. Diharapkan dengan meningkatnya konsumsi susu segar, akan meningkatkan pendapatan bagi peternak susu dalam negeri,” papar Ketua umum penyelenggara, Teguh Yadi Setiawan.

Menurut Teguh, animo masyarakat dalam acara yang juga menggelar lomba menggambar dan mewarnai untuk memperebutkan piala Rektor Unpad ini di luar dugaan. “Kami menargetkan 1.200 peserta dan target itu terpenuhi. Bahkan ada yang terpaksa tidak ikut lomba karena alasan kuota. Memang terjadi sedikit kendala, kami menyediakan kuota 600 peserta dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan 600 juga untuk Sekolah Dasar (SD). Tapi ternyata peserta SD lebih banyak dari kuota dan kebetulan dari tingkat TK hanya 400. Dengan alasan umur yang tidak jauh berbeda, maka diputuskan untuk menggabungkan peserta dari SD kelas 1 dan 2 dengan peserta dari TK. Selebihnya, Alhamdulillah acara berjalan lancar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Teguh mengingatkan perihal efek mengonsumsi susu. Pasalnya setiap orang yang tidak terbiasa minum susu akan merasa sakit perut atau mulas. Hal ini menurut Teguh karena metabolisme tubuh yang kurang beradaptasi dengan susu. Berbeda jika orang tersebut terbiasa minum susu, ia tidak akan merasa mulas, jadi bukan lantaran susunya yang bermasalah, namun hanya persoalan metabolisme tubuh. “Satu hal lagi, susu pasterisasi harus segera dikonsumsi setelah dikeluarkan dari freezer. Sebelum dikonsumsi, susu pasterisasi harus dikocok dulu. Kalau susu sterilisasi bisa dikonsumsi lebih lama daripada susu pasterisasi,” paparnya.

Sementara salah satu peserta dari kelompok SD, Maurizka, berpendapat acara yang diikutinya tersebut menyenangkan. “Acaranya asik, bikin kita berani ikut lomba-lomba,” tutur gadis cilik yang bercita-cita jadi dokter anak ini.

Salah seorang guru TK yang mendampingi anak didiknya, Hartini, mengharapkan acara serupa diadakan lagi dengan lebih banyak lagi ragam lomba. “Mungkin tahun depan jangan hanya lomba menggambar dan mewarnai saja, tapi ada lomba-lomba lainnya. Misalnya lomba menyanyi, baca puisi, busana dan lain-lain agar acaranya lebih semarak lagi. Untuk soal pementasan seni, sebaiknya panitia memberitahukannya dari jauh-jauh hari, tidak mendadak ” pungkasnya.

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung ini dihadiri oleh Dekan Fapet Unpad, Prof. Dr. Ir. Dadi Suryadi, MS. Perhelatan tahunan Fapet Unpad ini juga didukung dari berbagai pihak. Tidak hanya dari sivitas akademika Unpad sendiri, dukungan pun datang dari Pemda Jabar, Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI), PT. ISAM, PT. Realgood, Garuda Food, Mc. Donald’s Indonesia, Citra Agro Buana Semesta (CABS), dan Pustaka Lebah.

Sumber: http://www.unpad.ac.id/berita/sebanyak-1200-peserta-meriahkan-gelaran-smart-with-milk-fapet-unpad/

Trackback from your site.

Leave a comment