Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Seluruh Mahasiswa Baru Wajib Registrasi Online

Written by admin on August 3, 2009. Posted in Informasi Umum

Laporan oleh: Marlia

[Unpad.ac.id, 1/08] Mahasiswa baru tahun akademik 2009 yang diterima di Unpad, baik melalui jalur Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) maupun Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) harus mengikuti tahapan registrasi. Tahapan tersebut terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap registrasi online, registrasi pembayaran dan registrasi administrasi.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pelayanan dan Pengembangan Teknologi Informasi (Dcistem) Unpad, Eddy Nurmanto, S.Si., MBA, yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (31/07), mahasiswa baru diharuskan melakukan registrasi online, yaitu melengkapi biodata di website Unpad. “Update biodata secara online ini wajib dilakukan seluruh mahasiswa baru baik dari jalur SNMPTN maupun SMUP,” tegas Eddy.

Eddy menjelaskan bahwa setelah melakukan update biodata secara online ini, mahasiswa baru akan mendapat informasi lebih lanjut mengenai registrasi pembayaran, registrasi administrasi beserta nomor tagihan dan jumlah biaya yang harus dibayarkan. “Nomor Tagihan ini yang akan dibawa mahsiswa baru ke bank untuk melakukan pembayaran dan untuk mendapatkan bukti pembayaran,” jelasnya.

Eddy juga menyampaikan, bagi mahasiswa baru yang mengalami kendala teknis saat melakukan registrasi online dan pembayaran di bank dapat menghubungi nomor layanan Dcistem Unpad di nomor telepon (022) 708 20020.

Untuk melakukan registrasi online, calon mahasiswa baru dapat masuk ke lewat “Pengumuman SMUP & SNMPTN 2009” di halaman depan website Unpad ini. Masukkan nomor peserta, dan jika dinyatakan lulus maka calon mahasiswa baru akan diarahkan ke ruang registrasi online. Atau dapat pula langsung menuju halaman registrasi online.

Registrasi Pembayaran
Nomor Tagihan yang didapatkan mahasiswa baru setelah melakukan online akan digunakan untuk melakukan pembayaran ke bank. Sesuai dengan Surat Edaran dari Rektor Unpad, tahapan pembayaran akan dilaksanakan melalui bank-bank yang ditunjuk. Pembayaran melalui Bank Mandiri dapat melalui ATM, Teller dan E-Banking, Bank Niaga CIMB dan Bank Jabar-Banten dapat melalui ATM dan Teller, sedangkan Bank BRI hanya melayani pembayaran melaui ATM. Tahapan pembayaran ini berlangsung pada 3 – 7Agustus 2009.

Sementara Kepala Bagian Registrasi dan Statistik Biro Administrasi Akademik, Budi Imam Dansyah, S.Sos.,M.Si., mengatakan, jumlah biaya yang harus dibayar oleh mahasiswa dari jalur SNMPTN terdiri atas tiga komponen, yaitu, Biaya Penyelenggaraan Pendidikan, Dana Mahasiswa Baru dan Dana Pengembangan. Masing-masing komponen jumlahnya sebesar Rp 2 juta.

Untuk mahasiswa baru yang masuk melalui jalur SMUP, total biaya yang harus dibayar, jumlahnya berbeda-beda. Hanya ada dua komponen yang sama, yaitu Biaya Penyelenggaraan Pendidikan dan Dana Mahasiswa Baru, yaitu masing-masing sebesar Rp 2 juta. Sedangkan Dana Pengembangan Pendidikan jumlahnya bervariasi tergantung dengan jumlah yang ditulis pada formulir Pendaftaran SMUP.

Jadwal Registrasi Administrasi
Tahapan berikutnya adalah registrasi administrasi yang bertempat di Aula Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ) Fakultas Sastra Kampus Unpad Jln. Raya Bandung-Sumedang Km 21 Jatinangor-Sumedang. Tempat registrasi ini dipusatkan untuk seluruh registrasi mahasiswa baru program S-1 jalur SNMPTN dan SMUP, program S-1 110 SKS dan D-III. Registrasi untuk program S-1 akan berlangsung pada tanggal 10-14 Agustus 2009. Sedangkan jadwal registrasi mahasiswa Program S-1 110 SKS dan D-III pada tanggal 18-20 Agustus 2009. Setiap fakultas akan melaksanakan pada hari yang berbeda sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Petugas registrasi akan melayani mulai pukul 8.00 WIB hingga 15.00 WIB. Untuk jadwal registrasi lebih lengkap, dapat mengklik Info Registrasi 2009 di website Unpad.

Khusus bagi mahasiswa penerima Beasiswa Masuk Universitas (BMU) dan Beasiswa Talent Scouting, registrasi akan dilaksanakan pada tanggal 13 & 14 Agustus 2009. Tanggal 13 Agustus 2009 akan dilaksanakan pembekalan dan tanggal 14 Agustus 2009 akan dilaksanakan registrasi.
Persyaratan Registrasi Administrasi

Selain waktu dan tempat pembayaran yang sama, mahasiswa baru yang lulus SNMPTN dan SMUP harus melengkapi beberapa persyaratan yang sama. Dalam Surat Edaran ditegaskan bahwa seluruh persyaratan tersebut harus dipenuhi pada saat registrasi, sebab Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) akan diberikan setelah seluruh persyaratan tersebut terpenuhi.

Budi juga menjelaskan bahwa untuk persyaratan Surat Pernyataan dan Surat Keterangan Bebas Buta Warna, mahasiswa baru dapat mengunduhnya dari website Unpad. “Untuk Surat Pernyataan yang harus ditandatangani di atas materai, mahasiswa tersebut harus membawa materai sendiri. Petugas registrasi tidak menyediakan materai,” jelas Budi.

Budi menegaskan bahwa proses registrasi ini harus dilakukan oleh mahasiswa yang bersangkutan dan tidak diwakilkan. Ia juga menegaskan kepada para mahasiswa baru untuk menggunakan pakaian rapih, kemeja atau kaus berkerah, menggunakan celana panjang dan tidak sobek, dan menggunakan sepatu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai registrasi ini, mahasiswa baru dapat menghubungi Bagian Registrasi dan Statistik Unpad di kampus Unpad Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, nomor telepon (022) 251 6402. (eh)*

Sumber: http://www.unpad.ac.id/berita/mahasiswa-baru-wajib-baca-1-seluruh-mahasiswa-baru-wajib-registrasi-online/

Trackback from your site.

Leave a comment