Seminar Nasional Peternakan: Ketahanan Pangan Target Utama dalam Capai Sustainable Development Goals

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menggelar Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan Ke-10 bertema “Peranan Teknologi Aplikatif dalam Akselerasi Pencapaian SDGs dan Peranan Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan Masyarakat” di Bale Sawala Unpad, Rabu (13/11/2019).

Seminar yang dibuka oleh Dekan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Ir. Husmy Yurmiati, M.Si., IPU beserta Ketua Seminar Nasional Ir. Diky Ramdani, S.Pt., M.Anim.St., Ph.D., IPM ini dihadiri oleh sejumlah pembicara dan peserta dari akademisi, pelaku usaha, hingga pemerintahan.

Menteri Pertanian Republik Indonesia diwakili oleh Dr. Ir. Atien Priyanti, S.P., M.Sc yang menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan menyatakan, ketahanan pangan merupakan salah satu target utama dalam capaian Sustainable Development Goals dimana Kementerian Pertanian mempunyai cita-cita menjadikan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045.

“Langkah strategis yang diambil Kementan yaitu meningkatkan produktivitas dan produksi serta meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Atien Priyanti

Sementara itu, Prof. Dr. Zuzy Ana, S.Si., M.Si Director Executive SDGs Center Universitas Padjadjaran membahas mengenai Peran Perguruan Tinggi dalam Akselerasi Pencapaian SDGs. Ia menjelaskan, tentang situasi dunia pada tahun 2050 dimana perubahan iklim, dukungan sumber daya alam, dan pertumbuhan penduduk mencapai puncaknya.

Acara ini dimoderatori oleh Novi Mayasari, S.Pt., M.Sc., Ph.D menghadirkan pembicara Anuraga Jayanegara Dosen Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor yang menyampaikan Meta-analisis untuk sintesis hasil penelitian bidang peternakan yakni upaya transformasi dari penelitian an sich menjadi rekomendasi dan kebijakan. (BNS)