Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Sistem Pakan Nasional: “Menjamin Ketersediaan Akses Pakan Yang Aman dan Sehat Sepanjang Tahun”

Written by admin on July 7, 2011. Posted in Event

JATINANOR, peternakan.unpad.ac.id – Memasuki hari kedua, Kamis (7/7) kegiatan Asosiasi Ahli Ilmu Nutrisi dan Pakan Indonesia (AINI) yakni Workshop Nasional dengan pokok bahasan “Sistem Pakan Nasional”, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Dr. Ir. Iwan Setiawan., DEA dalam sambutannya mengatakan diperlukan upaya membangun masyarakat yang sejahtera melalui pengembangan bidang peternakan dengan menghasilkan kebijakan yang integratif.

Sementara itu Direktur Pakan Ternak Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia Ir. Mursyid Ma’sum., M.Agr menjelaskan pemanfaatan dan pengolahan pakan bertumpu pada penyediaan bibit, integrasi ternak, pengembangan pasture, serta penggunaan teknologi.

“Ini dapat dilaksanakan melalui kebijakan pengawasan mutu pakan dengan penerapan ketat standar mutu,” kata Mursyid Ma’sum

Pada kesempatan yang sama Ketua AINI Prof. Dr. Ir. Ali Agus menyampaikan isu pakan yaitu ketergantungan terhadap importasi bahan pakan yang sangat tinggi mencapai 12 triliun per tahun. Langkah menuju kemandirian bahan pakan adalah pengembangan bahan lokal, pengembangan sistem teknologi pakan, sistem pakan nasional. Terkait dengan hal tersebut lebih jauh dijabarkan olehnya dalam bentuk delapan program produk kemandirian nasional meliputi kelembagaan nasional, peningkatan produksi bahan lokal, pengembangan IPTEK pakan, investasi dan pembiayaan usaha bahan pakan, peningkatan kualitas SDM pakan dan penumbuhan wirausaha baru, pembangunan infrastruktur pendukung kemandirian pakan, serta penerapan sistem mutu pakan.

“Indikator kemandirian dapat terlihat dari produksi bahan pakan dalam negeri yang cukup, serta impor bahan yang kurang dari 10 persen,” paparnya

Sejalan dengan Prof. Ali Agus, Dr.Ir. Luki Abdullah,M.Sc.Agr menegaskan tujuan umum dari sistem pakan nasional adalah menjamin ketersediaan akses pakan yang aman dan sehat sepanjang tahun.

“Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang memiliki pendidikan dengan keahlian khusus di bidang pakan, sehingga dapat mengurangi impor terhadap bahan baku pakan. Karena bagaimana pun juga pakan merupakan komoditi yang sangat strategis dengan nilai yang sangat besar,” ungkapnya. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment