Sosialisasi dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Balai Bahasa Jawa Barat bekerjasama dengan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Sosialisasi dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), bertempat di Gedung IV Amphitheater Lantai 3, Selasa (3/12/2019).

Wakil Dekan Fakultas Peternakan Unpad Dr. Ir. H. Iman Hernaman, M.Si., IPU dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia yang  memberi banyak manfaat khususnya para mahasiswa.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus berlanjut hingga ke level Universitas, sekaligus merupakan bukti kecintaan kita terhadap Bahasa Indonesia,” katanya.

Ketua Balai Bahasa Jawa Barat Drs. Umar Solikhan M.Hum menyatakan, berdasarkan Undang-Undang No. 24 Tahun 2009 pemerintah meningkatkan fungsi Bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional secara bertahap, sistematis dan berkelanjutan.

“Hal tersebut disebabkan Bahasa Indonesia mempunyai penutur bahasa  kurang lebih sebanyak 300 juta orang,” ungkap Umar Solikhan.

Ia mengatakan, 56 negara dan sekitar 300 lembaga internasional telah mempelajari Bahasa Indonesia. Dalam Permendikbud Nomor 70 Tahun 2016 dinyatakan Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia seorang Penutur Bahasa Indonesia diperoleh dari hasil UKBI.

“Di Jawa Barat, sampai bulan Oktober 2019 dari 6000 orang yang telah mengikuti UKBI hanya 10% pada peringkat unggul. Seorang calon sarjana, diharapkan setelah melalui test UKBI memperoleh level Unggul yang berguna untuk penulisan karya tulis ilmiah,” ujarnya. (BNS)