Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Studium Generale Jyoti Prakash Tamang

Written by bayuns on January 28, 2013. Posted in Event

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kuliah umum dengan pembicara Dr. Jyoti Prakash Tamang mewakili Departemen Mikrobiologi, School of Life Sciences, Sikkim University Tadong India dengan pokok bahasan, “Ethnic Fermented Foods and Alcoholic Beverages: Culture, Tradition and Science di Ruang Senat Gedung I Jatinangor, Senin (28/01).

Dalam paparannya, Jyoti Prakash Tamang menjelaskan tentang proses fermentasi makanan. “Fermentasi biasanya perubahan karbohidrat menjadi alkohol atau asam organik dengan bantuan ragi, bakteri, atau kombinasinya dalam keadaan anaerobik,” kata Jyoti Prakash Tamang.

Lebih jauh dikatakannya, bahwa kultur makanan erat kaitannya dengan budaya atau kebiasaan makanan suku atau etnik tertentu sebuah bangsa. “Di India makanan terbagi menjadi tiga kategori diantaranya sattvika, raajasika dan taamasika yang pengolahannya bebas dari unsur monosodium glutamate (MSG),” ujarnya.

Berbekal pengalaman mengajar selama 25 tahun di bidang mikrobiologi dan biologi molekuler yang ditulis dalam salah satu bukunya yang berjudul “Himalayan Fermented Food”, Jyoti Prakash Tamang berpendapat, parameter untuk studi pada makanan fermentasi yaitu melakukan persiapan dan survei fermentasi makanan atau minuman. “Hal lainnya adalah peneliti mengetahui karakteristik makanan, pola konsumsi, nilai ekonomis produk, serta dokumentasi pengolahan makanan-minuman tradisional dan produknya,” tuturnya. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment