Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Studium Generale Medion: “Pentingnya Kemampuan Berkomunikasi dan Bersosialisasi”

Written by bayuns on November 1, 2012. Posted in Event

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Setiap mahasiswa, harus berupaya menambah pengetahuan dan wawasan, untuk memasuki kehidupan yang baru, sebagai bekal saat memasuki dunia kerja. Demikian pernyataan Dr. Rahmat Hidayat, S.Pt., M.Si saat memberikan sambutan pada acara Studium Generale Medion bertema “Prospek dan Karir Tenaga Lapangan” di Jatinangor, Kamis (01/11).

“Mahasiswa harus membekali diri dengan berbagai macam informasi yang bermanfaat, sehingga menunjang masa depannya kelak,” kata Dr. Rahmat Hidayat.

Sejalan dengan yang dikatakan oleh Dr. Rahmat Hidayat, Assistent Manager Medion Heri Herlambang yang tampil sebagai pembicara menjelaskan, kemampuan dalam berkomunikasi serta bersosialisasi harus terus menerus ditingkatkan.

“Dengan berlatih setiap saat, kemampuan dasar yang dimiliki akan semakin sempurna. Karena soft skill adalah keterampilan yang relatif menetap,” ujar Heri.

Selain itu Heri menambahkan, bahwa memasuki dunia kerja, kita harus menetapkan tujuan apakah sesuai dengan minat dan komitmen yang ingin dicapai. Terkait peluang kerja lulusan peternakan dapat dilihat dari prospek dunia peternakan itu sendiri, yang didukung oleh faktor laju pertumbuhan penduduk terhadap pemenuhan kebutuhan konsumsi protein hewani.

“Sektor yang dapat dimasuki oleh lulusan peternakan cukup beragam. Diantaranya industri manufaktur, farm, tenaga penyuluh, dosen, lembaga perbankan, atau wirausaha. Sebagai gambaran, Malaysia dalam konsumsi produk unggas per kapita, mencapai 7.4 kg/orang/tahun. Sementara Indonesia hanya memperoleh 1.4 kg/orang/tahun. Jelas ini merupakan sebuah peluang dan tantangan bagi segenap insan peternakan, dalam menciptakan pasar bisnis yang potensial. Hal tersebut, dapat diwujudkan dengan kemampuan negosiasi dan komunikasi yang baik,” tutur Heri. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment