Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-VIII. "Pengembangan Ternak Lokal Dalam Mencapai Sustainable Development Goals". Tanggal 16 November 2016 | Download Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-7

Studium Generale, Northern Territory Cattlemen’s Association

Written by bayuns on September 17, 2012. Posted in Event

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Sebagai upaya untuk meningkatkan hubungan dan kemitraan serta industri peternakan, Northern Territory Cattlemen’s Association (NTCA) melakukan kunjungan ke Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Luke Bowen, Executive Director of NTCA di hadapan peserta kuliah umum dengan pokok bahasan “Study Apprentice in NTCA 2013,” Senin (17/9).

“Pada tahun ini sebanyak delapan orang mahasiswa telah dikirim untuk mengikuti program magang selama delapan minggu di Northern Territory (NT). Rencananya untuk tahun 2013 akan digelar kegiatan yang sama dengan jumlah peserta diperkirakan sebanyak 15 orang,” kata Luke Bowen.

Ia menjelaskan selama berada di NT, para mahasiswa dibekali keterampilan mulai dari cara bekerja di sekitar peternakan, work health and safety, hingga belajar menunggang kuda. Sementara itu Project Manager NTCA, Tony Freshwater mengatakan, dari perspektif animal welfare tujuan utama harus berlandaskan pada penanganan hewan ternak dengan sebaik-baiknya.

“Hal ini untuk mencegah ternak diperlakukan dengan semena-mena. Dengan demikian, secara tidak langsung kita ikut berpartisipasi meningkatkan kesadaran masyarakat, dalam memelihara hewan ternaknya,” tutur Tony. Ia menambahkan, apabila hewan ternak sedang sakit atau menderita, hendaknya mengambil tindakan yang wajar agar penyakit yang dideritanya dapat berkurang. Selain itu para peternak, harus mampu menyediakan pakan, air minum, serta kandang yang memadai bagi hewan ternaknya.

Kuliah umum berakhir dengan penyerahan sertifikat bagi para mahasiswa yang telah menyelesaikan program magang di NTCA serta tukar cinderamata dari kedua belah pihak, yang diwakili oleh Dekan Fakultas Peternakan Unpad, Dr. Ir. Iwan Setiawan, DEA dan Luke Brown, Executive Director of NTCA. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment