Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Studium Generale Peter Wynn

Written by bayuns on August 25, 2014. Posted in Event

Peter Wynn Agustus 2014.1 Peter Wynn Agustus 2014.2 Peter Wynn Agustus 2014.3

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Charles Sturt University Australia bekerjasama dengan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, mengadakan acara Studium Generale dengan narasumber Profesor Peter Wynn beserta delegasi, yang bertempat di Gedung Aula, Senin (25/8).

Peter Wynn yang aktif melakukan penelitian di bidang endokrinologi ruminansia, fisiologi pertumbuhan dan genomik pada kesempatan tersebut menyatakan, Australia dan Indonesia memiliki lahan yang berbeda dalam hal pengelolaan peternakan.

“Di Indonesia, lahan untuk bidang peternakan tersedia sangat subur dan baik keadaannya. Sementara Australia memiliki lahan kering. Tetapi kekurangan tersebut, diatasi dengan jumlah produksi peternakan yang sangat besar dengan orientasi ekspor ke berbagai negara, termasuk diantaranya memasok kebutuhan pangan hewani ke Indonesia,” kata Peter Wynn.

Menurutnya, solusi lain yang digunakan di Australia adalah dengan menggunakan hormon untuk pertumbuhan pada hewan ternak yang sebelumnya telah melewati uji coba serta pengawasan yang sangat ketat, sesuai regulasi yang berlaku.

“Cara ini ditempuh, untuk menekan biaya produksi agar tidak terlalu tinggi. Juga dilakukan persilangan, hingga menghasilkan produk ternak yang dapat diunggulkan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Australia mengembangkan sebuah standar dikenal dengan Meat Standards Australia (MSA) yakni standar daging berkualitas. Melibatkan lebih dari 86.000 tes selera konsumen dan 603.000 sampel serta sektor yang terkait. Mulai dari praktek manajemen, sistem pengolahan, pemotongan hingga metode memasak.

“Tujuan dari MSA ini agar produk daging Australia sampai ke konsumen sesuai dengan yang diinginkan,” ujar Peter Wynn. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment