Studium Generale Prof. Abdul Razak Alimon Universiti Putra Malaysia

Foto1185

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Menindaklanjuti kerjasama antara Universitas Padjadjaran dengan Universiti Putra Malaysia, Fakultas Peternakan Unpad menyelenggarakan Studium Generale dengan menghadirkan Prof. Abdul Razak Alimon dari Department of Animal Science Faculty of Agriculture Universiti Putra Malaysia di Jatinangor, Jumat (22/11).

Abduk Razak mengatakan, terkait industi peternakan di Malaysia, industri ternak unggas mengalami perkembangan yang cukup pesat. Namun, di bidang ternak ruminansia masih kecil, sehingga Malaysia harus melakukan impor, khususnya dari Australia.

“Di Malaysia, terdapat sekitar 40 ribu ekor sapi perah, dimana bahan pakannya dilakukan impor, sehingga biaya untuk ternak tinggi,” kata Abdul Razak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pihaknya melakukan penelitian dengan memanfaatkan kelapa sawit, sebagai salah satu sumber pakan. “Yang diperlukan nutrisi untuk pakan hewan ternak adalah susunan serta komposisinya secara lengkap. Terdiri dari air, karbohidrat, protein, mineral serta vitamin. Selain itu, untuk ternak ruminansia, memerlukan selulosa guna memecah karbohidrat kompleks” ujarnya. (BNS)