Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Dinas Peternakan Jabar Cetak 750 Wirausaha Setiap Tahun

Written by bayuns on November 23, 2016. Posted in Event

sosialisasi-1 sosialisasi-2 sosialisasi-3

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam lima tahun, melaksanakan program dan kegiatan mencetak 100 ribu wirausaha baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan pelatihan dan pendampingan.

“Dinas Peternakan mempunyai tugas mencetak 750 orang wirausahawan setiap tahunnya. Sebagai informasi pada tahun 2014, mengadakan pelatihan 80 orang bidang peternakan. Tahun 2015 sebanyak 400 peserta mengikuti program wirausaha melibatkan Karang Taruna, KNPI yang bertempat di Bale Latihan Peternakan Cikole Lembang,” kata Taufik Garsadi yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pengembangan Usaha Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat saat membuka acara Sosialisasi Wirausaha Bidang Peternakan di Aula Gedung V Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Rabu (23/11/2016).555

Ia menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 79 Tahun 2015 Dinas Peternakan bekerjasama dengan Bank BJB, kemudian dengan mitra binaan Kabupaten/Kota dan generasi muda masyarakat Jawa Barat untuk berkiprah sebagai pelaku wirausaha khususnya bidang peternakan yang dirangkaikan dengan kegiatan Sosialisasi Peningkatan Konsumsi Daging Domba.

“Jawa Barat merupakan salah satu sentra utama produksi domba. Tercatat 60 persen populasi domba di Indonesia ada di Jawa Barat. Namun perkembangannya semakin lama semakin mengkhawatirkan. Selain terancam populasinya, masyarakat yang mengkonsumsi daging domba juga semakin berkurang karena berbagai stigma yang negatif terutama mengenai kolesterol,” tuturnya.

Menurut Vina Eriana S.Gz yang mewakili Dinas Kesehatan Kota Bandung, daging domba ditinjau dari gizi dan kesehatan mengandung energi sebesar 235 kkl/100 gram daging, protein hewani 22 gram, kalsium 10 mg, fosfor 1,91 mg/100 gram daging, zat besi, vitamin B1, B12 dan selenium.

“Terkait kolesterol dan hipertensi sangat tergantung dari cara pengolahan daging, frekuensi konsumsi, riwayat kesehatan seseorang, serta aktivitas olahraga. Jadi selain kandungan gizi yang baik, daging domba aman untuk dikonsumsi,” jelas Vina.

Kegiatan Sosialisasi Wirausaha Bidang Peternakan ini menghadirkan Romi M, S.Pt pemilik Berkah Global Business, Dr. Ir. Denie Heriyadi, SU dari Fakultas Peternakan Unpad, Super Chef Rochendi mewakili Indonesian Chef Association serta Mouton Slice and Grill. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment