Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Training to Be Animal Welfare Trainer

Written by bayuns on October 19, 2012. Posted in Event

Impor ternak sapi hidup dari Australia ke Indonesia pada tahun 2011 mencapai 413.359 ekor atau 60 % dari total ekspor ternak sapi Australia (sumber: Meat Livestock Australia). Oleh karena itu Indonesia menjadi mitra dagang pasar yang penting bagi Australia. Hal ini terbukti setelah diberhentikannya impor ternak sapi potong oleh pemerintah Australia tahun 2011 karena masalah Animal Welfare. Terjadi gejolak negatif dalam bisnis sapi potong di Indonesia maupun Australia.

Animal Welfare di Australia telah didukung oleh serangkaian model kode tata laku kesejahteraan hewan, meliputi manajemen ( termasuk penanganan dan transportasi ) dari semua spesies ternak pokok. Hal ini juga yang ingin diterapkan oleh pemerintah Australia melalui MLA ( Meat Livestock Australia ) pada industri sapi potong di Indonesia. MLA adalah lembaga konsultasi yang biasa menyediakan pelatihan yang berkaitan dengan perlakuan ternak asal Australia.

Senin 13 Oktober 2012 MLA bekerjasama dengan Charles Sturt University membuat program pelatihan Training to be Animal Welfare Trainer. Program ini berlangsung selama 5 hari, bertempat di Feedlot PT. Lembu Jantan Perkasa – Serang Banten dan RPH Sinar Mulya Tangerang. Pelatihan diikuti oleh perwakilan dari Dirjen Peternakan Kementrian Indonesia, Dinas Peternakan Provinsi Banten, Animal Welfare Officer LJP dan Cattle and Buffalo Club Fakultas Peternakan Unpad. Dari CBC Fapet Unpad diwakili oleh Wahyu Ramdani dan Dwi Ahmad Fauzi.

Materi pelatihan disampaikan langsung oleh Drh. Helen Fadma, Dr. Ross Ainsworth, Matt Reed ( Meat Livestock Australia ) dan Rebecca Doyle ( Charles Sturt University ). Materi yang disampaikan berupa Animal Handling, Land Transport, Feedlot Management, Lairage, Slaughter with Stunning and Without Stunning.

“Pelatihan ini bertujuan untuk membuat modul standar sebagai acuan bagi para pelatih Animal Welfare di Indonesia. Pelatihan juga bertujuan menciptakan pelatih yang terampil dalam Animal Welfare.” Ujar Drh. Helen Fadma.

Hasil dari pelatihan ini akan dirangkum dalam sebuah modul standar Pelatihan Animal Welfare. Modul yang sudah dirangkum oleh MLA dan CSU akan diberikan kepada para trainer, sehingga para trainer dapat melakukan pelatihan tentang Animal Welfare di tempatnya masing-masing.

Trackback from your site.

Leave a comment