Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Dengan “Education Trip”

Written by admin on January 6, 2011. Posted in Event

Oleh Rini Ramdhiani Muchtar

Bogor, TTIP- Dipenghujung tahun ini salah satu unit kegiatan mahasiswa yakni Kelompok Studi Profesi Ternak Perah melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan pengolahan susu di Jawa Barat. Kegiatan ini diberi nama KUATCI yang merupakan singkatan dari KSPTP Fun and Education Trip to Cimory diselenggarakan pada tanggal 23 Desember 2010. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja kepengurusan KSPTP tahun 2010.

Kegiatan yang diselenggarakan pada minggu tenang sebelum menjelang Ujian Akhir Semester ini mendapatkan sambutan yang baik dari civitas akademik Fakultas Peternakan. Hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta yang mencapai 60 orang. Menurut salah satu peserta “Kegiatan ini cukup menyenangkan, selain menambah wawasan kita bisa refreshing sejenak melupakan hiruk pikuk dunia perkuliahan”.

Kunjungan yang berbentuk tur edukasi memang bukan hal baru. Saat sampai di lokasi peserta disambut oleh pihak Cimory dan langsung diarahkan ke tempat pengolahan susu dan pengemasan produk-produk Cimory dan tak lupa ada seorang instruktur yang menemani serta menjelaskan proses-proses pengolahan susu hingga pengelolaan limbahnya. Cimory yang merupakan singkatan dari Cisarua Mountain Dairy mmerupakan sebuah perusahaan pengolahan susu yang terbilang muda. Sampai saat ini Cimory baru beroperasi selama 3 tahun, namun produknya sudah mampu bersaing dipasar.

Perusahaan yang bertempat di puncak – Bogor, merupakan salah satu perusahaan pengolah susu yang memproduksi produk olahan susu seperti susu pasteurisasi, yoghurt dan keju. Produk Cimory terutama yoghurt merupakan salah satu produk yang diperhitungkan kualitasnya di Indonesia. Cimory mendapatkan pasokan susu dari peternak-peternak setempat sehingga tidak memutus lahan kerja masyarakat sekitar.

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan peserta mengenai kegiatan pengolahan susu serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan untuk membuat sebuah inovasi di bidang pengolahan susu yang ternyata pangsa pasarnya cukup menjanjikan.

Trackback from your site.

Leave a comment