Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Unpad Gandeng Bank Mandiri untuk Pembelian PIN SMUP Jenjang S-1

Written by admin on February 9, 2011. Posted in Informasi Umum

Laporan oleh: Artanti Hendriyana

[Unpad.ac.id, 8/02/2011] Tahun ini, pembelian Personal Identification Number (PIN) bagi calon mahasiswa baru Unpad jalur Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) jenjang S-1 dapat dilakukan melalui bank Mandiri.  Kerja sama antara Unpad dan Bank Mandiri ini ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan oleh Pembantu Rektor Bidang Kerja sama Unpad, Prof. Dr. Tb. Zulrizka Iskandar, S.Psi., M.Sc. dan Kepala Wilayah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Jawa Barat, I Wayan Sukarta.

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama ini  juga disaksikan oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia,  Pembantu Rektor Bidang Akademik Unpad, Prof. Dr. Husein Hernadi Bahti, dan Direktur Kerja Sama Unpad, Ramdan Panigoro. Perjanjian Kerja Sama ini ditandatangani di Aula Lantai 5 PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.  kantor Wilayah VI , Jl. Soekarno Hatta No. 486, Bandung, Selasa (8/02), sebagai bagian dari acara Rapat Kerja PT Bank Mandiri (Persero ) Tbk Kantor Wilayah VI Bandung.

Ditemui seusai acara, , I Wayan Sukarta berharap kedepannya kerja sama ini dapat terus terjalin dalam berbagai bidang. “Kami berharap kerja sama yang terjalin bukan hanya berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru saja, bukan hanya berkaitan dengan financial saja,  tapi juga dalam mengembangkan kebudayaan Jawa Barat pada umumnya, mengingat Rektor Unpad sangat peduli akan kebudayaan,” ungkapnya.

Wayan berpendapat bahwa Unpad adalah salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Hal inilah yang menjadikan Mandiri terus menjalin kerja sama dengan Unpad. Sebelumnya, Unpad dan Bank Mandiri pernah melakukan berbagai kerja sama,  yaitu kerja sama dalam sistem  pembayaran pendidikan mahasiswa, program wirausaha, beasiswa, dan sponsorship beberapa  kegiatan.

“Menurut saya Unpad itu luar biasa.  Di Indonesia siapa yang tidak kenal Unpad. Menurut saya Unpad itu menyimpan potensi yang luar biasa. Bank Mandiri juga adalah bank terbesar di Indonesia, jadi saya ingin dua kekuatan besar ini kita jadikan satu,” tutur Wayan.

Selain penandatanganan kerja sama ini, Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia juga mengisi Sharing Session mengenai kebudayaan. Dalam paparannya, Prof. Ganjar berharap kebudayaan daerah, khususnya budaya Sunda, dapat dijunjung tinggi sehingga dapat berkontribusi terhadap kebudayaan nasional.

Dalam kesempatan tersebut Prof, Ganjar mengungkapkan bahwa Jawa Barat memiliki 300 jenis kesenian daerah. Namun hanya 15 kesenian yang masih bertahan, sekira 50 kesenian hampir punah, dan sisanya sudah punah. Hal ini tentu menjadi keprihatinan kita semua. Dengan demikian, ia berpendapat bahwa seharusnya setiap daerah di Jawa  Barat dapat terus memelihara serta mengembangkan budaya dan kesenian khas daerahnya masing-masing.

“Seharusnya setiap daerah mengembangkan budaya sebagai aset., Dengan demikian, setiap daerah tentu akan muncul ke-khasan masing-masing. Apabila ini dilakukan, bisa jadi 300 kesenian yang kita miliki itu akan dapat kita selamatkan,” ujar Prof. Ganjar.

Prof. Ganjar juga berharap agar kita semua dapat semakin memahami dan memaknai Jawa Barat, khususnya dalam hal kebudayaan. “Dengan demikian, kita harus selalu beradaptasi dan lebih mengenal masyarakat Jawa Barat, untuk selanjutnya dapat memberikan kontribusi positif untuk Jawa Barat.” (eh)*

Sumber : http://www.unpad.ac.id/archives/39174

Trackback from your site.

Leave a comment