Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Unpad Gelar CSR di Desa Cisontrol Kab. Ciamis

Written by admin on February 14, 2011. Posted in Informasi Umum

Laporan oleh: Lydia Okva Anjelia

[Unpad.ac.id, 12/02/2011] Kegiatan corporate social responsibility (CSR) Universitas Padjadjaran, Sabtu (12/02) kemarin diselenggarakan di Desa Cisontrol, Kabupaten Ciamis. Desa Cisontrol merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Rancah dan berjarak 40 km dari ibu kota Kabupaten Ciamis. Rombongan yang dipimpin oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, tiba di Balai Desa Cisontrol pada pukul 8.30 WIB dan disambut oleh Kepala Desa, Rosad Setiawan.

“Desa Cisontrol merupakan desa yang memiliki prestasi sangat baik, baik itu di tingkat lokal maupun nasional. Desa ini memiliki potensi yang luar biasa untuk dapat dikembangkan,” kata Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia.

Prof. Ganjar mengatakan kunjungan kali ini terdiri dari dua kegiatan, yaitu rapat pimpinan yang menggunakan lokasi rapat balai desa, dan kegiatan CSR oleh tim dari Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

Kepala desa sangat menyambut baik kedatangan rombongan dari Unpad. Ia mengucapkan terima kasih pada Unpad yang telah meluangkan waktu dan mengorbankan tenaga untuk bersilaturahmi ke desanya.

“Rencana strategis pemerintahan Desa Cisontrol tentunya dijabarkan melalui visi dan misi. Dilandasi iman dan takwa, Cisontrol diarahkan menjadi desa bereputasi baik, professional, dan unggul dalam pelayanan serta komitmen terhadap pemberdayaan masyarakat,” ungkap Rosad Setiawan.

Potensi desa menurutnya, juga merupakan modal awal dalam pemberdayaan masyarakat. Berbagai program baik itu dari pemerintah pusat, daerah, maupun perguruan tinggi, seperti Unpad perlu mendapat sambutan hangat dan disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat.

“Desa Cisontrol tahun ini juga mempersiapkan diri sebagai “Desa Sehat Siaga” sebagai upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Salah satu indikatornya adalah dari bidang kesehatan,” tambahnya. Rosad kemudian berharap, Desa Cisontrol juga dapat menjadi desa binaan Unpad, bukan hanya di bidang kesehatan, tapi juga di segala bidang.

Koordinator kegiatan yang juga Dekan Fakultas Sastra, Prof. Dr. Dadang Suganda, menjelaskan kegiatan CSR Unpad hari ini diisi dengan kegiatan bakti sosial, seperti pemeriksaan kesehatan umum gratis oleh tim dari Fakultas Kedokteran (FK), dan pemeriksaan gigi gratis oleh tim dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

“Acara ini juga melibatkan tim dari Fakultas Sastra (Fasa), Peternakan (Fapet), Keperawatan (Fkep), Teknologi Industri Pertanian (FTIP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Farmasi, dan Fakultas Teknik Geologi (FTG),” katanya.

Rangkaian kegiatan selanjutnya, tambah Prof. Dadang adalah penelusuran berbagai potensi budaya dan wisata yang akan dilakukan di sepanjang pantai selatan Jawa Barat. Penelusuran akan dilaksanakan Minggu (13/01) ini, yang dimulai dari Pantai Pangandaran hingga Pantai Rancabuaya, yang terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. (eh)*

Trackback from your site.

Leave a comment