Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Unpad Manfaatkan Laboratorium Produksi Ternak Potong Fapet untuk Pemotongan Hewan Kurban

Written by bayuns on September 28, 2015. Posted in Pengabdian Masyarakat

humas-unpad-2015_1 humas-unpad-2015_2

[Unpad.ac.id, 27/09/2015] Masih dalam momentum perayaan Idul Adha, Universitas Padjadjaran menggelar pemotongan hewan kurban di Laboratorium Produksi Ternak Potong Fakultas Peternakan Unpad, Sabtu (26/09) kemarin. Sebanyak 4 sapi dan 1 kambing disembelih dengan disaksikan langsung oleh Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr.

Dihadiri oleh pimpinan universitas dan fakultas, tenaga kependidikan, mahasiswa Fapet Unpad, serta perwakilan masyarakat Jatinangor, Rektor mengatakan, pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan Unpad merupakan salah satu bentuk ibadah. Ibadah menurut Rektor bukan hanya antara manusia kepada Tuhan, namun antara manusia dengan manusia lainnya.

“Kita harus mengoptimalkan berbagai anugerah yang diberikan Allah. Optimasi itu harus berbentuk ibadah. Dan Ibadah itu salah satunya harus bisa memberikan maslahat bagi masyarakat,” kata Rektor dalam sambutannya.

Selain bentuk ibadah, pemotongan hewan kurban juga dapat menjadi wahana aplikasi akademik, khususnya keilmuan di Fakultas Peternakan. Menurut Rektor, keberadaan Laboratorium Produksi Ternak Potong di Fapet Unpad ini dapat menjadi wahana pemotongan hewan yang tidak hanya digunakan dalam momentum Idul Adha saja.

“(Laboratorium) ini mestinya bisa kita optimalkan, sehingga Idul Kurban hanya menjadi bagian saja. Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin sehingga baik untuk masyarakat,” lanjut Rektor.

Dengan adanya Laboratorium Potong Ternak ini diharapkan dapat mendiseminasikan pendidikan terkait penyembelihan hewan ternak. Laboratorium ini harus mengutamakan kadar kebersihan proses penyembelihan yang baik sekaligus dapat mengajarkan bagaimana teknik pemotongan hewan yang benar.

Untuk itu, Rektor meminta Fapet Unpad untuk mengoptimalkan para ahli terkait pemotongan hewan kurban. Ke depannya, keahlian menyembelih hewan harus menjadi salah satu kompetensi lulusan Fapet Unpad.

“Ini tidak semata-mata memotong hewan kurbannya, tetapi bagaimana proses mendistribusikannya dan melatih ketertiban masyarakat,” kata Rektor.

Laboratorium ini juga diharapkan dapat bekerja sama dengan berbagai pusat pemotongan hewan kurban lainnya. Dengan kerja tersebut, diharapkan dapat tercipta standar pemotongan hewan kurban yang baik.

Pemotongan hewan kurban pertama dilakukan oleh Pembina DKM Unpad, Prof. Dr. Syarif Hidayat, M.S. Hasil dari kurban ini akan diserahakn kepada para tenaga kebersihan, tenaga kontrak, dan masyarakat di sekitar Unpad Jatinangor.

Sebelum proses penyembelihan, disampaikan presentasi mengenai hewan kurban oleh dosen Fapet Unpad, drh. Dwi Cipto Budinuryanto, M.S.*

Sumber: http://www.unpad.ac.id/2015/09/unpad-manfaatkan-laboratorium-produksi-ternak-potong-fapet-untuk-pemotongan-hewan-kurban/

Trackback from your site.

Leave a comment