Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Unpad Targetkan 1.000 Proposal PKM Menuju Pimnas Tahun Depan

Written by bayuns on September 11, 2014. Posted in Kemahasiswaan

web_PKM

[Unpad.ac.id, 10/09/2014] Sebagai langkah persiapan Universitas Padjadjaran menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2015 mendatang, Unpad melakukan sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang. Kegiatan ini sebagai bagian dari “Gerakan Unpad Jawara” dimana tahun ini ditargetkan Unpad dapat mendaftarkan 1.000 proposal PKM ke Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti).

Sosialisasi PKM 5 Bidang ini digelar dalam dua pelaksanaan kegiatan, yakni hari ini, Rabu (10/09) di Gedung 5 lantai 3 kampus Fakultas Peternakan Unpad Jatinangor dan Kamis (11/09) besok di kampus Dipati Ukur Bandung. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS, Rabu (10/09). Pada tahun 2014 ini, Unpad mengirimkan 570 proposal, 147 diantaranya mendapat pendanaan, dan13 lolos ke Pimnas. Sementara tahun 2013, Unpad mengirimkan 566 proposal, 113 mendapat pendanaan, dan 9 lolos ke Pimnas.

“Ini adalah salah satu kegiatan persiapan kita menghadapi pengiriman proposal untuk pendanaan tahun 2015. Ini merupakan sebuah tradisi yang sudah kita lakukan dari tahun ke tahun,” ungkap Koordinator Penalaran LPKA Unpad, Dr. Iman Hernaman, Ir.Msi. saat ditemui di sela-sela acara.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas di Unpad. Untuk hari pertama, kegiatan diikuti oleh mahasiswa dari 14 fakultas yang berlokasi di Jatinangor, sementara mahasiswa dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dapat mengikuti kegiatan ini besok.

Dosen Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad yang juga merupakan juri/reviewer dari Dikti, Marleen Sunyoto, Ir. MP turut hadir sebagai pembicara. Pada kesempatan tersebut, ia memaparkan mengenai tata cara menulis proposal PKM. Tidak ketinggalan, ia juga memotivasi para mahasiswa untuk menggali ide kreatif yang ada di sekitar, untuk kemudian diimplementasikan pada PKM.

“Kreativitas itu tidak muncul begitu saja, tapi harus dikembangkan,” ujar Marleen. Menurutnya, banyak mahasiswa yang memiliki ide kreatif dan butuh untuk dikembangkan, jangan hanya disimpan atau dipasung. Untuk menjadi kreatif juga kita harus berani berbeda, cerdas, dan memiliki kepekaan terhadap lingkungan.

Penulisan proposal pun harus menarik dengan judul yang spektakuler. Peserta juga diharapkan “tidak salah kamar” dalam memilih bidang PKM. Untuk itulah proses pendampingan oleh dosen sangat penting, disamping juga kerja sama tim yang solid.

Selain Marleen, turut hadir memberikan materi yaitu Sondi Kuswayan, Ir.,M.Sc. dosen Unpad yang juga bertindak sebagai juridari Dikti. Di hadapan para mahasiswa, Sondi memberikan materinya mengenai manfaat mengikuti PKM. Selain itu, juga ada pemberian motivasi dari Hery Wibowo, S.Psi., MM, M. Irfan, S.Sos., M.I.Kom, dan Dr. Iman Hernaman.

Setelah sosialisasi, para mahasiswa juga dapat mengikuti coaching clinic dimana mereka dapat secara khusus belajar dan berdiskusi mengenai pembuatan proposal PKM bersama para dosen Unpad. Coaching clinic akan dilaksanakan pada Senin (15/09) hingga Rabu (18/09) mendatang di Ruang LPKA Unpad.

Dengan digelarnya kegiatan ini, Dr. Iman berharap akan ada peningkatan kualitas dan kuantitas dari proposal PKM yang dikirimkan mahasiswa Unpad. Dengan demikian, peluang Unpad untuk meningkatkan prestasi di Pimnas 2015 pun akan semakin besar.*

Sumber: http://www.unpad.ac.id/2014/09/unpad-targetkan-1-000-proposal-pkm-menuju-pimnas-tahun-depan/

Trackback from your site.

Leave a comment