Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan ke-9 dan Workshop Fakultas Peternakan Unpad. Diselenggarakan Pada Tanggal 15-16 November 2017 bertempat di Bale Sawala dan Aula Fapet Unpad.

Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pranata Laboratorium Pendidikan

Written by bayuns on February 28, 2017. Posted in Event

  

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Pengangkatan dalam jabatan fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP), memungkinkan Pegawai Negeri Sipil dari jabatan lain beralih ke jabatan fungsional PLP dengan memperhatikan Permenpan dan RB Nomor 03 Tahun 2010 Pasal 24.

Pernyataan tersebut disampaikan Sarna Suryana, PLP Ahli Muda Laboratorium Struktur Tumbuhan Departemen Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia dalam Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pranata Laboratorium Pendidikan yang berlangsung dari tanggal 24-25 Februari 2017 di Aula Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Sabtu (25/2/2017).

“Jenjang jabatan dan angka kredit PLP tingkat Sarjana dimulai dari Ahli Pertama dengan kualifikasi angka kredit  mencapai 100-150 poin. Kemudian Ahli Muda dengan capaian 200-300 poin. Serta Ahli Madya yang harus memenuhi angka kredit mulai 400-700 poin,” kata Sarna.

Menurutnya, jika dalam jangka waktu lima tahun tidak dapat mengumpulkan angka kredit yang ditentukan maka dilakukan pembebasan sementara serta diberhentikan dari jabatannya sebagai PLP apabila dalam waktu enam tahun tidak memenuhi angka kredit yang disyaratkan.

PLP disarankan untuk menulis Karya Tulis Ilmiah yang analisanya harus berdasar fakta dan penelitian bukan persepsi. Hal tersebut diungkapkan Ir. Nana Heryana, ST.IPM dari Laboratorium Penelitian Konversi Energi Elektrik Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung dengan pokok bahasan “Strategi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berbasis “World Class Paper” untuk Pranata Laboratorium Pendidikan”.

Ia menyatakan, menulis sesuai tupoksi dan melakukannya pada seminar atau jurnal PLP dengan mengikuti kaidah keilmuan serta sistematika yang baik. “Menulis lebih mudah daripada berbicara. Jadi menulis Karya Tulis Ilmiah itu gampang, asal jangan jadi Karya Tulis Ilmiah gampangan,” tuturnya.

Nana menjelaskan, sistematika penulisan karya ilmiah berbasis “World Class Paper” terdiri dari tiga bagian yaitu bagian awal terdiri dari judul, penulis, abstrak, kata kunci. Bagian Utama diantaranya pendahuluan, metode, hasil, diskusi. Kemudian bagian akhir ucapan terima kasih, materi ++, referensi selanjutnya kesimpulan.

Turut hadir sebagai pembicara Prof. Dr. Unang Supratman dari Departemen Kimia FMIPA sekaligus Kepala Laboratorium Sentral Unpad membahas “Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional” serta Robi Andoyo mewakili FTIP Unpad yang memaparkan “Manajemen Literatur Dalam Riset” dengan moderator Arif Nanda, S.TP. Acara workshop ini dihadiri oleh para peserta dari berbagai perguruan tinggi diantaranya Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Manufaktur Negeri Bandung, serta PLP di Lingkungan Universitas Padjadjaran. (BNS)

Trackback from your site.

Leave a comment