Pengusaha Milenial, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Desa, Camat Situraja, Wadek II Pertanian dan Dekan Fakultas Peternakan Unpad (foto Agus).***

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id  – Perkembangan Peternakan di Kabupten Sumedang  cenderung mengalami peningkatan. Untuk mendorong peningkatan populasi peternakan, perlu manajemen budidaya yang baik. Diantaranya adalah penyediaan bahan pakan/pakan ternak yang berkualitas. Pakan yang baik adalah pakan yang mengandung unsur gizi yang cukup dan seimbang sesuai dengan kebutuhan ternak untuk pertumbuhan dan berproduksi.

Berbagai jenis bahan pakan yang tersedia berpotensi sebagai bahan pakan lokal. Bahan- bahan pakan ini sudah dimanfaatkan oleh peternak dan menjadi suatu kebiasaan setempat atau suatu kearifan lokal. Pakan yang baik dan murah biayanya juga diupayakan oleh peternak. Perlu dipelajari jenis jenis bahan pakan lokal dan formulasi yang digunakan oleh peternak. Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi jenis jenis bahan pakan lokal dan formulasi oleh peternak sebagai suatu kearifan lokal di Desa Malaka Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang.

Untuk memanfaatkan lahan Desa menjadi produktif dengan menjadikan sebagai sentra Pakan dan Sentra Peternakan yang dapat meningkatkan populasi peternakan sehingga dapat mendorong perekonomian masyarakat di masa pandemi ini. Untuk meningkatkan peternakan dan melihat potensi peternakan di Desa Malaka Kecamatan Situraja, Camat Situraja mengandeng Fakultas Peternakan Unpad memberikan masukan dan meninjau lahan yang akan di jadikan sebagai sentra pakan dan sentra peternakan pada hari Rabu 23 Maret 2022 bertempat di Desa Malaka Kabupaten Sumedang. Acara di mulai dengan Pemaparan pengetahuan Tentang Peternakan oleh Dekan Fakultas Peternakan Dr. Ir. Rahmat Hidayat, M.Si., IPM. dilanjutkan dengan penjelasan dari sektor pertanian oleh Kepala Dinas Pertanian Sahidin.

Kepala Desa Malaka mengatakan, “Sangat berterima kasih atas kedatangannya dan bersedia memberikan ilmunya ke masyarakat. Senoga dapat meningkatkan pengetahuan tentang Pertanian dan Peternakan, karena dalam masa pandemi  ini sektor pertanian dan sektor  peternakan sangat di andalkan dalam peningkatan pendapatan masyarakat di mana masyarakat kami sebagian besar mata pencahariannya di bidang pertanian dan peternakan”.

“Kami dari desa rencananya akan membuat sentra pakan ternak dan sentra peternakan di lahan kas Desa Malaka sehingga masyarakat yang memerlukan pakan ternak tidak terlalau jauh dan Peternakan dapat terpusat sehingga mudah untuk mengontrolan perkembangan ternak kedepannya dapat meningkatkan penghasilan dari masyarakat”, ujarnya.

Dekan Fakultas Peternakan Unpad mengatakan, “Pihaknya hadir di Desa Malaka  atas undangan Camat Situraja  guna meng-inventarisir permasalahan Peternakan di Desa Malaka sekaligus meninjau tempat yang akan di jadikan sebagai sentra pakan ternak dan sentra peternakan.”

“Selain itu mencari pemecahan permasalahan peternakan kita sama-sama bisa sharing masalah peternakan dengan masyarakat di desa malaka  yang di harapkan ke depanya sumber daya peternak di Desa Malaka  akan semakin meningkat,” tuturnya.

“Kegiatan ini ditunjang oleh program kerjasama antara Fakultas Peternakan dengan Dinas Peternakan Kabupaten,Sumedang. Kehadiran kami ini sekaligus Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Sumedang, pada prinsipnya kami siap membantu Desa Malaka untuk meningkatkan SDM di bidang peternakan karena di Fakultas ada ahli di bidang pakan, Bidang Perkembangan Ternak dan Sosial Ekonomi Peternakan ” ujarnya

Dalam kegiatan tersebut hadir juga dari kalangan pengusaha muda milenial Pramudya Budi Sasangko yang merupakan Mahasiswa Aktif Fisip Unpad yang bergerak di bidang Pertanian dan Peternakan  PT.Mandala Pratama Nusantara Denmas Tani

Pramudya Budi Sasongko mengatakan “Perusahaan kami sangat mendukung kegiatan  ini. Perusahaan kami menghasilkan pupuk dan vitamin buat ternak dan tentunya kami siap meelaksanakan pendampingan kepada petani dan peternak, karena pabrik kami ada Sumedang tentu produk kami bisa di manfaatkan di Sumedang, karena produk sudah di manfaatkan di luar Sumedang di Kalimantan dan pulau luar jawa lainnya, mudah mudahan produk kami dapat bermanfaat bagi petani di desa malaka Kecamatan Situraja”.

Dalam acara ini di hadiri pula oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang, Camat Situraja, Kepala Desa Malaka, Dekan Fakaultas Peternakan,Wakil Dekan II Pertanian, Unsur Pemerintahan Desa dan Masyarakat. Setelah acara diskusi selesai dilanjutkan dengan meninjau lahan Kas Desa yang rencananya akan di jadikan kawasan sentra pakan dan sentra ternak. (agus)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.