Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Fakultas Peternakan Unpad

Jatinangor, peternakan.unpad.ac.id – Grand Launching MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka) dalam Rangka Dies Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran ke-58, dihadiri dan diresmikan oleh Rektor Universitas Padjadjaran  Prof. Dr. Rina Indiastuti, SE., M.SIE pada Rabu, 29 September 2021.  Kegiatan dilaksanakan secara daring . Sebagai narasumber  mitra MBKM Fakultas Peternakan yaitu Lucky Luqman Nurrahmat dari  Yayasan  Edu Farmers International dan Ir. Indrawati Y. Asmara, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPM sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Peternakan  serta Dr. Ir. Heni Indrijani, S.Pt., M.Si., IPU sebagai moderator. Pada tahun 2021 Program Studi Ilmu Peternakan  mendapatkan  Hibah Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Sejalan dengan kebijakan nasional tentang Pembelajaran Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebijakan Unpad maka Program Studi Sarjana Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan harus merevitalisasi kebijakan pembelajaran dan kurikulum yang diberlakukan sekarang.  Kurikulum yang berorientasi kepada kompetensi lulusan di dunia kerja (outcomes based education) akan bersifat dinamis dan berubah mengikuti tuntutan dunia kerja yang berkembang. Perubahan kurikulum ini diharapkan dapat menghasilkan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang sesuai dengan societal needs, industrial/business needs, dan professional needs.  Dalam  Rangkaian Dies ke 58 Fakultas Peternakan  UNPAD Grand Launching MBKM merupakan momentum untuk memperkuat komitmen baik secara internal maupaun eksternal  dalam pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut. Kampus Merdeka memiliki delapan kegiatan (Pertukaran pelajar, magang/praktek kerja, asistensi mengajar, penelitian/riset, proyek kemanusiaan, wirausaha, studi/proyek indenpenden, membangun desa/kuliah kerja nyata tematik) yang merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Dr. Ir. H. Rahmat Hidayat, S.Pt, M.Si, IPM  sebagai Dekan Fakultas Peternakan  menjelaskan, kegiatan MBKM FAPET UNPAD  menjadi satu satunya Fakultas di UNPAD yang di danai Hibah Program Studi Pengembangan MBKM oleh DIKTI. Output yang dihasilkan dari hibah ini adalah pedoman kurikulum MBKM Fapet, SOP pelaksanaan MBKM, RPS yang mengembangkan kelas kolaboratif dan partisifatif dengan Metode Project base Team dan Case Methode. Output ini akan menjadi standar bagi pelaksanaan MBKM di Fakultas Peternakan menuju fakultas yang maju, kuat, bermanfaat dan berkelas international. (AP)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *