Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang, bersama Camat Ujung Jaya
dan Tim dari Fapet Unpad sedang memberikan arahan kepada Kelompok Ternak Sugih Mukti Desa Ujung Jaya Kecamatan Ujung Jaya (foto agus)

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Ternak sangat strategis bagi kehidupan masyarakat pedesaan dan berkembang di seluruh wilayah Indonesia. Domba merupakan salah satu jenis ternak yang cukup digemari, mempunyai nilai ekonomis yang tinggi dan telah menyatu dengan kehidupan masyarakat.

Seperti halnya masyarakat Desa Ujung Jaya Kecamatan Ujung jaya  Kabupaten Sumedang, kegiatan beternak domba sudah menjadi bagian dari kegiatan  masyarakat setempat yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Namun di luar itu beternak domba tersebut juga potensial untuk dikembangkan.

Mengingat skala usaha budidaya domba di masyarakat desa masih berskala kecil, maka perlu upaya meningkatkan sumberdaya manusia dalam proses beternak domba ke arah skala menengah. Peran sumberdaya peternak domba sangat penting dalam meningkatkan daya saing produk melalui peningkatan efisiensi biaya produksi dan inovasi produk, sekaligus untuk memperkenalkan potensi budidaya domba kepada masyarakat Desa Ujung Jaya melalui Kelompok Sugih Mukti.  Beternak domba memiliki peluang ekonomis sangat tinggi di masa pandemi ini.

Maka untuk mengembangkan potensi peternakan Camat Ujung Jaya mengundang Tim Kerja Sama Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran berserta Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang untuk berkunjung, meninjau serta membagikan Ilmu Peternakan kepada Kelompok Ternak Sugih Mukti.

Berdasarkan undangan tersebut Fakultas Peternakan mengirimkan Tim yang terdiri atas Prof. Dr. Ir. U Hidayat Tanuwiria,  M.Si. IPU, Dr. Ir. Iman Hernaman, M.Si. IPU Dr.Ir.Budi Ayuningsih.S.Pt.,M.Si. Urip Rosani,S.Pt.,M.Si dan Humas Fapet Agus Purwanto,SAB, untuk menghadiri undangan dari Camat Ujung Jaya Didin Hermawan,S.Sos.,M.Si. Adapun isi undangan tersebut adalah meminta kepada tim Fapet Unpad untuk memberi arahan, masukan dan saran-saran terhadap permasalahan dalam budidaya domba dan kambing di peternakan kelompok Sugih Mukti Desa Ujung Jaya Kecamatan Ujung Jaya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at 11 Februari 2022 bertempat di Kelompok Ternak Sugih Mukti Desa Ujung jaya Kecamatan Ujung Jaya  hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang H.Nandang Suparman, Camat Ujung Jaya Didin Hernamawan,S.Sos.,M.Si., Kepala Desa Ujung Jaya Cucun Alpian,  Kepala UTPB Perikanan dan Peternakan, Para Penyuluh Peternakan dan  Anggota Kelompok Ternak Sugih Mukti.

Dalam kunjungan tersebut selain melakukan diskusi dengan kelompok ternak dilanjutkan juga dengan melakukan peninjauan ke kandang ternak kelompok peternak domba dan kambing Sugih Mukti Desa Ujungjaya Kecamatan Ujung Jaya.

Camat Ujung Jaya Didin Hernamawan,S.Sos.,M.Si Mengatakan “Selamat datang kepada Tim dari Fakultas Peternakan di Kelompok Ternak Sugih Mukti Desa Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya  semoga kehadiran bapa dan ibu dapat menginventaris segala permasalahan peternakan dan memberikan solusinya, semoga ke depannya Kecamatan Ujung Jaya dapat menjadi laboratorium Lapangan bagi Fakultas Peternakan yang ahirnya  dapat meningkatkan Sumberdaya peternak sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan peternak di Kecamatan Ujung Jaya.

Sementara itu Salah Seorang Tim  Fakultas Peternakan Prof.Dr.Ir. U Hidayat Tanuwiria,M.Si.IPU mengatakan “ Kami dari Tim Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran datang atas undangan dari Bapak Camat Ujung jaya untuk mengunjungi sekaligus menginventarisir permasalahan Peternakan di Kelompok Ternak Sugih Mukti dan mencari pemecahannya ditunjang oleh program kerjasama antara Fakultas Peternakan dengan Dinas Peternakan Kabupaten Sumedang untuk melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Sumedang”.

Potensi peternakan di kecamatan Ujung Jaya ini sangat baik apalagi kalau ditunjang dengan program dari Dinas perikanan dan peternakan kabupaten Sumedang yang sangat mensuport peternak di kecamatan Ujung Jaya kita sama sama bisa sharing masalah peternakan dengan kelompok ternak Sugih Mukti yang di harapkan ke depanya sumberdaya peternak di Kelompok Sugih Mukti akan semakin meningkat” ujarnya.

Setelah acara diskusi yang berlangsung secara hangat dan terbuka di lanjutkan dengan meninjau Kandang Ternak di Kelompok Ternak Sugih Mukti Desa Ujung jaya Kecamatan Ujung jaya. (agus)


3 Comments

Jaja · March 22, 2022 at 12:34 am

Assalamualaikum…
Perkenalkan saya Jaja peternak kambing mandiri di Ujungjaya apakah ada program untuk kerjasama bagi kami peternak kecil, agar bisa lebih berkembang? Saya mencari modal untuk mengembangkan peternak peternak kecil di lingkungan saya dan saya terima bentuk kerjasama mandiri/invest ataupun memanfaatkan program pemerintah, kalau ada bagaimana caranya?Terimakasih…kalo ada bisa hubngi di 081313967441

Jaja · March 22, 2022 at 12:35 am

Assalamualaikum…
Perkenalkan saya Jaja peternak kambing mandiri di Ujungjaya apakah ada program untuk kerjasama bagi kami peternak kecil, agar bisa lebih berkembang? Saya mencari modal untuk mengembangkan peternak peternak kecil di lingkungan saya dan saya terima bentuk kerjasama mandiri/invest ataupun memanfaatkan program pemerintah, kalau ada bagaimana caranya?Terimakasih…kalo ada bisa hubngi di 081313967441 atau di Email waejaja@gmail.com

    Admin Fakultas Peternakan · March 22, 2022 at 6:30 am

    Wa’alaikumsalam, terima kasih sudah kontak kami. Kerjasama antara Fak Peternakan dan Kabupaten Sumedang secara formal sudah dimulai dari awal tahun 2021. Khususnya Ujung Jaya, tim dari Fapet telah bertemu dengan Camat Ujung Jaya dan jajarannya pada bulan Februari yang lalu. Bapak Jaja, dapat menghubungi pihak Kecamatan untuk mengetahui rencana pengembangan dan kerjasama di wilayah Ujung Jaya.

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.