Maria Magdalena CEO Plasaria dan Aris Wahyudi sebagai Lead IT Developer Plasaria Membahas Internet of Things Sektor Peternakan dengan Fapet Unpad. (foto agus)***

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menerima kunjungan dari Plasaria pada hari Rabu, (1/12/2021) di Ruang Senat Akademik Fapet Unpad. Turut hadir pada pertemuan tersebut Manajer Riset, Inovasi, dan Kerjasama Diky Ramdani, Ph.D dan Kepala Laboratorium Tanaman Makanan Ternak Dr. Mansyur. Plasaria diwakili oleh Maria Magdalena sebagai CEO Plasaria dan Aris Wahyudi sebagai Lead IT Developer Plasaria.

Plasaria merupakan perusahaan sosial yang bergerak dibidang pengembangan sistem berbasis IT khususnya untuk perdagangan dan  peternakan.

Pertemuan ini membicarakan tentang pengembangan Internet of Things (IoT) pada sektor peternakan. Plasaria akan membuat aplikasi recording ternak yang terintegrasi dengan internet, sesuai dengan koefisien zooteknis dan asumsi berdasarkan hasil riset dari akademisi Fakultas Peternakan Unpad.

Sistem recording yang dikembangkan berguna untuk mencatat riwayat hidup ternak domba per-individu maupun per-koloni, sehingga penanganan ternak domba yang dilakukan sesuai rekomendasi sistem berdasarkan data yang telah diinput diawal. Hal ini tentunya akan mempermudah pemeliharaan oleh para peternak.

Pengembangan aplikasi ini bertahap dari hulu ke hilir, selain recording ternak ke depan akan ditambahkan fitur formulasi ransum pakan ternak, konsultasi penanganan kesehatan ternak, sampai pemasaran ke konsumen. Sehingga diharapkan produktifitas ternak lebih meningkat dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. (ags)