Muhammad Irfan Maulana, Mahasiswa Peraih Medali Perak Bidang Matematika Tingkat Mahasiswa Olimpiade Hari Pendidikan Nasional 2021. (Foto: FAPRESTASI: https://www.instagram.com/p/CQzjaEeMrxc/)

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Muhammad Irfan Maulana atau akrab disapa Irfan, salah satu mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran angkatan 2020 berhasil meraih medali perak bidang Matematika Olimpiade Hari Pendidikan Nasional tahun 2021. Meskipun baru menempuh pendidikan selama dua semester dan belajar secara daring, tidak menyurutkan ambisinya berprestasi mengharumkan nama Universitas Padjadjaran.

Olimpiade yang dilaksanakan pada 9 Mei 2021 merupakan kompetisi sains yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) bertujuan memfasilitasi mahasiswa untuk berprestasi dan menjadi sarana mengasah kemampuan. Kompetisi yang berbasis online ini (CBT) dibuat untuk mendorong mahasiswa tetap produktif di tengah pandemi Covid – 19 sehingga tetap dapat berprestasi.

Kabar pengumuman mendapat medali ini diterima oleh Irfan pada 10 Mei 2021 lalu. Dalam olimpiade tersebut, ia mampu mengungguli lebih dari 600 peserta lainnya. Irfan bercerita, hanya sempat mempersiapkan diri pada saat hari pelaksanaan perlombaan karena pada hari-hari sebelumnya ia tengah aktif dalam BEM dan kepanitiaan Pola Bina 2021.

“Alhamdulillah walaupun tidak mempersiapkan dari sebelum hari pelaksanaan tapi tetap bisa meraih medali perak. Namun saya tidak berpuas diri dengan apa yang telah saya raih, saya akan tetap berusaha untuk mencapai hasil yang lebih maksimal,” ujarnya.

Tercatat prestasi Irfan sejak masuk kuliah dan membawa nama Universitas Padjadjaran dalam olimpiade telah mendapatkan 4 medali yaitu medali emas bidang matematika pada Olimpiade Sains Mahasiswa 2020, medali emas bidang matematika dan medali perak bidang biologi pada Kompetisi Sains Mahasiswa 2021, serta medali perak bidang Matematika Olimpiade Hardiknas 2021.

Prestasi individual tersebut umumnya didapat oleh Irfan di bidang Matematika. Walaupun bidang olimpiade yang dimenangkannya itu berbeda dengan prodi yang ia pilih, tapi ia menganggap apapun prodi yang kita jalani saat ini bila kita memiliki ambisi serta terus diasah kemampuan untuk berprestasi akan tetap dapat menjadi seorang juara walaupun berbeda bidang.

Sejak duduk di bangku SD memang Irfan sudah banyak mengikuti olimpiade-olimpiade yang diselenggarakan dinas pendidikan maupun pihak swasta dari mulai tingkat Kecamatan sampai Provinsi.

“Memang dari sejak SD saya sudah diarahkan oleh guru-guru saya untuk selalu mengkuti lomba lomba yang mewakili sekolah. Sering ada perasaan pesimis ketika mengikuti perlombaan tersebut, tapi saya yakin bahwa semua perjuangan yang kita lakukan akan setimpal dengan apa yang kita dapatkan,” ungkapnya.

Selain aktif berprestasi, ia pun turut serta mengikuti kegiatan organisasi dan kepanitiaan di lingkungan kampus. Ia tercatat sebagai Staff Departemen Sinergisasi Lembaga dan Mahasiswa BEM Fakultas Peternakan, dan diklat calon anggota Cattle Buffalo Club (CBC) salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di Fakultas Peternakan.

Selain itu ia juga menjadi staff divisi acara kegiatan Pola Bina 2021, kegiatan ospek fakultas yang rutin dilakukan untuk pengenalan lingkungan kampus dan pembentukan karater mahasiswa baru fakultas peternakan. Menurut Irfan, harus ada keseimbangan di bidang akademik dan nonakademik untuk mendapatkan pengalaman dan relasi sebanyak-banyaknya sebagai bekal mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik

Prestasi Irfan yang sudah berhasil mengharumkan nama Universitas Padjadjaran tentunya dapat menjadi motivasi untuk rekan-rekannya agar tetap dapat produktif berprestasi walaupun dalam keadaan darurat pandemi.

“Saya pun tentunya selalu mengajak rekan-rekan saya untuk mengikuti berbagai kegiatan baik perlombaan maupun hal apapun yang dapat mengasah kemampuan softskill dan hardskill kita, karena dua hal tersebut yang menentukan diri kita setelah lulus dari perkuliahan,” tuturnya.

(Penulis Muhammad Azhar Nurochman, Departemen Pendidikan dan Keilmuan BEM Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran).


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *