Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Melaksanakan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa PHP2D di Dusun Taringgul Kelurahan Margawati, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut Periode Juli – November 2021. (foto agus)***

Jatinangor, peternakan.unpad.ac.id – Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran melaksanakan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa atau disingkat PHP2D pada periode 1 Juli – 30 November 2021 berlokasi di Dusun Taringgul Kelurahan Margawati, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, didampingi dosen pembimbing Dr. Ronnie Permana, S.Pt., M.Si.

Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa atau disingkat PHP2D adalah kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif  Mahasiswa.

Langkah konkrit dalam pemberdayaan masyarakat dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran (UNPAD) dengan memberikan edukasi tentang kampung organik di Dusun Taringgul, Kelurahan Margawati, Kabupaten Garut. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian keikutsertaan dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2021 dengan tema kegiatan “Konversi Kampung Keluarga Berencana Menjadi Kampung Organik” yang dilakukan tim di desa tersebut sejak Agustus 2021.

Tim PHP2D BEM Fapet juga turut menawarkan program lainnya yaitu berupa program bantuan internet kepada warga desa dan juga menjalankan sekolah mungil sebagai keberlanjutan dari program Kampung Keluarga Berencana yang terlaksana dengan baik.

Kegiatan PHP2D BEM Fapet Unpad di Desa Margawati ini memiliki perjalanan yang cukup panjang. Sejak 2012, BEM Fapet Unpad telah ikut serta dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan manawarkan beberapa program, diantaranya yaitu membangun sekolah mungil, pembuatan biogas, penyuluhan kepada peternak, dan lain sebagainya. Program lama masih berjalan namun kurang maksimal, perlu adanya improvisasi agar keberlanjutan program dapat terlaksana.

Pada masa pandemi covid-19 ini, dimana segala sektor kehidupan mengalami transfromasi yang cukup signifikan, yang mana salah satu bukti yang dirasakan adalah kegiatan yang serba online. Tentunya di masa-masa seperti ini peran mahasiswa sebagai agent of change sangat diperlukan agar pemberdayaan masyarakat terus berjalan dinamis. Keikutsertaan kami dalam melaksanakan program hibah PHP2D ini dengan memberikan beberapa program baru sekaligus merevitalisasi beberapa program yang sudah dijalankan sebelumnya.

“Pembinaan di Dusun Taringgul ini melalui perjalanan yang sangat panjang dimulai sejak tahun 2012. Sehingga, perlu adanya improvisasi agar masyarakat tidak bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja. Kita mencoba menyusuri lagi mata pencaharian pokok masyarakat di Taringgul, yaitu bertani. Melihat yang sedang tren saat ini adalah digital marketing terlebih disaat pandemi, maka kami membuat program kampung organik yang hasilnya akan dipasarkan secara online, dengan adanya label organik diharapkan dapat meningkatkan harga jual dan pendapatan masyarakat di Taringgul,” ujar Dr. Ronnie Permana, S.Pt., M.Si.

Menyoroti segala kegiatan sejak terjadi pandemi covid-19 dilakukan serba online, tim pelaksana PHP2D BEM FAPET UNPAD bergerak untuk memberikan program tambahan berupa pemasangan jaringan internet di Dusun Taringgul, Kelurahan Maragawati, mengingat kualitas jaringan internet di desa tersebut masih kurang baik. Program pemasangan jaringan internet juga guna membantu dalam pemasaran produk sayuran organik yang merupakan hasil dari program utama yang kami jalankan.

Kegiatan ini bekerjasama dengan P4S Jaya Alam Lestari, BPPTDK Margawati, dan PT. Rajakon Teknik. Beberapa produk yang dihasilkan dari program ini antara lain, selada dan bayam. Ditinjau dari panen yang ada, hasil sayuran organik yang ditanam ternilai bagus. Diharapkan masyarakat mampu menjalankan kampung organik sebagai salah satu mata pencaharian. Untuk kegiatan pemberian bantuan internet diharapkan dapat bermanfaat dan berdampak positif bagi warga disana serta mendukung berjalannya digital marketing. Sedangkan untuk sekolah mungil diharapkan ilmu yang telah kami berikan dapat berguna bagi anak-anak di Dusun Taringgul.

Di akhir acara, tim PHP2D Unpad menyerahkan plakat sebagai tanda telah berakhirnya kegiatan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa di Dusun Taringgul. Selain plakat, tim PHP2D pun turut memberikan kesan kepada anak anak berupa hadiah snack untuk pemenang games dan melepas sore dengan bermain bola bersama anak anak di Dusun Taringgul, harapan besar tim PHP2D untuk Desa Taringgul semoga akan tercapai dan menjadi lebih baik lagi untuk di depan nanti. (agus)