[JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id, 25/09/2020] – Dies Natalis ke-57 Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran tahun ini diisi salah satunya dengan kegiatan Research Day, membahas diseminasi hasil penelitian dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah Dosen di Jurnal Nasional maupun Internasional yang menjadi salah satu agenda presentasi serta diskusi diantara para Dosen.

Research Day dilaksanakan secara Virtual pada sesi I, Jumat (25/9) dengan Pemaparan Penelitian Unggulan setiap Departemen di lingkungan Fakultas Peternakan Unpad. Acara ini mendapat respon positif dari peserta yang hadir yaitu mahasiswa, alumni beserta stakeholder terkait diantaranya perwakilan Instansi dan Industri seperti Dinas Peternakan Jawa Barat, Cikole, BIB Agro,  BPTU Jatiwangi, Balai Bunikasih Sapi Perah, KPBS, KPSBU, Koperasi Peternak di Jawa Barat, PT. Charoen Phokpand-Rancaekek, Garuda Food, PPSKI, HPDKI, HIMPULI, BPPTD Margawati, ISPI, PT. Bakaert, Universitas Garut, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, serta Universitas Majalengka.

Ketua Pelaksana Research Day (Ken Ratu Gharizah Alhuur, S.Pt., M.S.)dalam sambutannya diwakili Ketua Panitia Dies Natalis ke-57 Fakultas Peternakan Unpad (Rangga Setiawan, S.Pt., M.Sc., Ph.D.) mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan untuk sharing hasil Penelitian Unggulan dari Departemen di lingkungan Universitas Padjadjaran.

Sementara Dekan Fakultas Peternakan Unpad Prof. Husmy Yurmiati menyatakan, Program Universitas Padjadjaran terkait  Budaya Organisasi Unpad yaitu RESPECT serta Program Sapta Karsa Unpad “Satu Dosen Satu Publikasi Internasional Bereputasi (SENSASI) untuk mencapai  500 World Class University. Selain itu Research Day merupakan  Branding Penelitian Hasil Research,” ungkap Prof. Husmy.

Paparan Penelitian Unggulan Departemen yang dimoderatori oleh Ketua Program Studi S1 Ilmu Peternakan Fapet Unpad Dr. Ir. Denny Rusmana, S.Pt., M.Si., IPM diawali dengan Presenter I dari Departemen Produksi Ternak  yaitu Prof. Dr. Ir. Hj. Tuti  Widjastuti,  MS. (Lab. Produksi Ternak Unggas )  yang menjelaskan Presentasi Penelitian berjudul Application of Mangosteen Peel Extract (Garcinia mangostana L) As Feed Additive in Ration for Performance Production and Egg Quality of Sentul Chicken.

Prof. Tuti  Widjastuti mengungkapkan bahwa uji coba dengan memberikan pakan dari ekstrak manggis terhadap ternak Ayam Sentul dimana penambahan pakan ternak dengan ekstrak manggis tersebut  diharapkan dapat berpengaruh terhadap produksi telur dan bobot telur. Penelitian ini dipublikasikan pada Jurnal Internasional Qualifikasi Q2 International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology (IJASEIT).

Presenter II dari Departemen Produksi Ternak  Ir. Diky Ramdhani, S.Pt., M.Anim.St., Ph.D., IPM ( Lab. Produksi  Ternak  Potong )  menyampaikan  Judul  Penelitian The Effect of Paddy Straw and Green Tea Dust on Performance and Nutrients Digestibility in Feedlot Lamb”.

Menurutnya,  penelitian Pengaruh Jerami Padi, Konsentrat Serbuk Teh Hijau terhadap Produksi Ternak. Tulisan penelitian telah dimuat di Jurnal Internasional Turkish Journal of Veteranc and Animal Science dengan Qualifikasi Q2. Diki Ramdhani Ph.D menjelaskan, hasil penelitian menunjukkan kecenderungan domba dengan ransum serbuk teh hijau, terjadi rataan penambahan bobot badan.

Kesempatan selanjutnya diberikan kepada presenter dari Departemen Nutrisi Ternak dan Teknologi Pakan yakni Presenter I Dr. Ir. Abun, M.P., IPM. (Lab. Nutrisi Ternak Unggas ) dengan judul penelitian Bioproses of Shrimp Waste and Its Effects on Production and Quality of Egg’s Domestic Laying Hens pada Jurnal  International Journal of Poultry Science, Qualifikasi Q3.

Dr. Abun menyatakan, bahwa dalam penelitian tersebut membahas tentang Bioproses Limbah Udang sebagai sumber bahan pakan pengaruhnya terhadap produksi dan kualitas telur unggas, dengan salah satu latar belakang penelitian ransum limbah udang karena adanya kandungan satin pada warna udang yang berpengaruh pada warna daging. Uji Ransum atau Feeding Trial pada penelitian dilakukan pada unggas.

Presenter II dari Departemen ini adalah Dr. Ir. Kunia A. Kamil, M. Agr.Sc., M.Phil . ( Lab. Fisiologi dan Biokimia ) dengan judul penelitiannya The Effects of Ginger Volatile Oil (GVO) on The Metabolic Profile of Glycolytic Pathway, Free Radical and Antioxidant Activities of Heat Stressed Cihateup Duck“, jurnal telah dipublikasikan pada  International Journal on Advanced Science Engineering  Information Technology (IJASEIT), Qualifikasi Q2.

Penelitian Dr. Kurnia A. Kamil menggambarkan tentang dampak pemberian Ginger Volatile Oil (GVO) terhadap Metabolik jalur Glikolisis Radikal Bebas dan Anti Oksidan Itik Cihateup yang mengalami cekaman panas. Ginger yang mengandung unsur anti stres, diujikan dengan Pengujian panas pada kandang Itik di Cihateup menggunakan Lampu Pijar bersuhu 38 0 C.

Sesi Ketiga menghadirkan Presenter dari Departemen Sosial Ekonomi Pembangunan Peternakan Dr. Achmad Firman, S.Pt., M.Si. (Lab. Ekonomi Peternakan ) dengan judul “Succession  Models on Smallholder Dairy Farms in Indonesia.” Publikasi telah dilakukan pada Jurnal Internasional  Livestock Research for Rural Development Journal  Qualifikasi Q3.

Hal menarik dari isi penelitian oleh Dr. Achmad Firman adalah tentang kehidupan sosial terkait  Bagaimana Pengaruh Keluarga Peternak untuk Regenerasi Peternakan atau Pengaruh Keluarga maupun Luar Keluarga terhadap Anaknya untuk menjadi Peternak, ekplorasi dilakukan dengan menggali pendapat sebanyak mungkin dari informan penelitian untuk mengetahui bagaimana keluarga Peternak mempengaruhi anaknya untuk meregenerasi peternakannya. Penelitian dilakukan di daerah Pangalengan.

Ia menjelaskan, Pangalengan dalam referensinya dinyatakan sebagai salah satu sentra yang sejak dahulu dikenal sebagai Kawasan Peternakan Sapi perah  yang dikelola oleh Peternak- Peternak sebagai peternakan milik Keluarga ( Dairy Family Farm) yang bertahan sejak tahun 1880 sampai dengan sekarang, namun Isu Globalnya adalah bahwa sejak tahun 1990-an Peternakan menurun drastis.

Topik yang disampaikan Dr. A.Firman sebagai  daya tarik untuk mengetahui tentang bagaimana Keluarga mempengaruhi anak-anaknya untuk melanjutkan Peternakan milik keluarganya dengan Transfer Value (menanamkan nilai dari keluarga untuk anaknya menjadi peternak lagi); Transfer Story (menanamkan  dengan  cerita  Peternakan  sebagai  usaha  turun  temurun); Transfer Knowleadge  ( menanamkan bahwa dalam Peternakan itu dapat dilakukan Learning by Doing).

Sementara yang tidak digali dalam penelitian Dr. A.Firman adalah terkait Transfering  on Daily Farming Assets (menanamkan bahwa peternakan sebagai Aset) serta Transfering Belief (menanamkan keyakinan bahwa menjadi Peternak dapat berlanjut) .

Presenter ke II adalah Dr. Ir. Andre Rivianda Daud, S.Pt., M.Si., IPM. ( Lab. Ekonomi Pembangunan) dengan judul Penelitian  “Eliciting Agents’ Behaviour Using Scenario-Based Questionnaire in Agent-Based Dairy Supply Chain Simulation” terpublikasi pada jurnal Internasional  Journal of Simulation Qualifikasi Q1.

Dr. Andre menjelaskan bahwa penelitian ini memiliki substansi  Agent Based Modelling and Simulation (ABMS), merupakan paradigma baru dalam Research (menggunakan IT Tools untuk modeling) dengan perpaduan paradigma Deduktif-Induktif  serta dianggap sebagai model yang aktual/Actual Model.

Penampilan Presentasi Penelitian Unggulan Departemen Sesi Keempat  dari Departemen  Teknologi Hasil Ternak, dengan Presenter I Dr. Ir. Lilis Suryaningsih, M.Si., (Lab. Teknologi Hasil Peternakan ) dengan judul Penelitian “Effect of Lactic Acid Bacteria and Yeasts towards Chemical, Physical and Organoleptic Qualities of Mutton Salami“ berqualifikasi  Q2, serta telah  terpublikasi pada jurnal “  Advance Science Engineering Information Technology “.  Ia mengungkapkan bahwa penelitiannya tersebut mempunyai Kajian tentang Bakteri Asam Laktat dan Ragi pengaruhnya terhadap Kualitas Kimiawi, Fisik dan Organoleptik Salami Daging Domba. Dikatakan juga bahwa  Kajian ini juga dilatarbelakangi oleh kondisi bahwa Domba merupakan daging yang berprotein tinggi tetapi belum ada varian yang banyak dalam olahannya.   Rangkaian pemaparan Unggulan Penelitian Departemen tersebut, diakhiri dengan presentasi dari Dr. Ir. Eulis Tanti Marlina, S.Pt., MP.IPM. (Lab. Mikrobiologi dan Penanganan Limbah ) dengan judul penelitian Potential of Microbial Inoculum from Buffalo Feces in Activating Lignite Coal Bed Methane“ yang telah dipublikasikan pada Journal of Environmental Biology, dengan Qualifikasi Q3.  Dr. Listanti mengatakan penelitian tentang bagaimana Potensi Inokulum Mikroba dari Kotoran Kerbau dalam Mengaktifkan Metana Batubara Lignit, dilatarbelakangi oleh kondisi keresahan sumber daya energi yang terbatas, sehingga perlu sumber energi alternatif. Researh Day ini diharapkan menciptakan atmosfir publikasi yang lebih baik bagi Fakultas Peternakan dalam mewujudkan kualitas SDM Dosen dalam bidang penelitian, sehingga mampu mendukung program Pradja Brata Fakultas Peternakan khususnya, dan umumnya kepada Universitas Padjadjaran.

Laporan oleh Nurhaeni.

Foto oleh Tim PJJ Host Zoom Fapet


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *