Para Nara Sumber dan Peserta Pelatihan meninjau Peternakan Cibungur Farm (foto agus)***

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Ternak sangat strategis bagi kehidupan masyarakat pedesaan dan berkembang di seluruh wilayah Indonesia. Kambing merupakan salah satu jenis ternak yang cukup di gemari, mempunyai nilai ekonomis yang tinggi dan telah menyatu dengan kehidupan masyarakat.

Seperti halnya masyarakat Desa  Cibungur Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang kegiatan beternak kambing menjadi bagian kegiatan dari masyarakat setempat yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, namun di luar itu beternak kambing tersebut juga potensial untuk di kembangkan.

Mengingat skala usaha budidaya kambing peternakan masih skala kecil dan untuk meningkatkan sumberdaya manusia dalam proses peternakan kambing karena peran sumberdaya peternak kambing sangat penting dalam meningkatkan daya saing produk melalui peningkatan efisiensi biaya produksi dan inovasi produk  sekaligus untuk memperkenalkan potensi budidaya kambing kepada masyarakat Desa Cibungur karena peluang ekonomis budi daya kambing sangat tinggi.

Maka dari itu Kepala Desa Cibungur bekerja sama dengan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran  menyelenggarakan pelatihan sekaligus sosialisasi Peternakan Kambing Susu. Pelatihan tersebut di laksanakan pada hari Rabu 19 Januari 2022 bertempat di Aula Desa Cibungur Kecamatan Ranca Kalong, dengan narasumber Dr. Iman Hernaman  ( Fakultas Peternakan ), Nandang Suparman (Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan) dan Yudi Lesmana ( Pengusaha Peternakan Cibungur Farm ).  Pelatihan di sampaikan secara santai sehingga para peserta tidak merasa jenuh. Kegiatan ini dilaksanakan bernuansa kekeluargaan, menjadikan peserta mudah mengerti sehingga dapat menambah wawasan pengetahuan dan wawasan dalam hal pengelolaan peternakan kambing.

Kepala Desa Cibungur Ahmad Solih mengatakan, “Selamat datang kepada Para narasumber yang telah bersedia memberikan ilmunya dan kami merasa senang dengan antusias dari masyarakat kami untuk berternak kambing susu sangat tinggi sehingga dalam pelatihan ini. Kami berharap dari pelatihan ini mampu menghasilkan peternak peternak kambing susu sehingga dapat menghasilkan susu yang banyak dan berkualitas dan dapat menghasilkan bibit – bibit kambing sehingga kedepannya desa cibungur di harapkan menjadi sentra susu kambing dan sentra bibit kambing”.

Sementara itu salah satu Nara Sumber Dr. Iman Hernaman dari Fapet Unpad mengatakan, “Pelatihan ini bertujuan agar peternak mampu mengelola peternakan secara efektif dan efisien, menyediakan pakan yang berkualitas yang tidak tergantung dengan musim dengan harga yang murah dan mampu mengelolah limbah peternak  menjadi pupuk organik sekaligus memperkenalkan budidya kambing kepada masyarakat bahwa beternak kambing sangat menguntungkan di zaman pandemi ini  sehingga di harapkan banyak masyarakat yang akan menjadi peternak kambing dan desa cibunggur menjadi desa sentra penghasil susu kambing dan bibit kambing yang berkualitas, kegiatan ini merupakan salah satu kerjasama antara Fakultas Peternakan dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang”.

Pelatihan tersebut di hadiri oleh Kepala Desa Cibungur, Sekretaris Kecamatan Rancakalong, Para Kabag di Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang dengan Peseta Pelatihan terdiri dari Badan Perwakilan Desa, Kelompok Ternak, Karang Taruna, dan LPM. Selain di berikan materi Para Nara Sumber dan Peserta Pelatihan melakukan kunjungan ke Peternakan Cibungur Farm. Kunjungan dan Pelatihan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (agus)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.