Pembagian Poster Manfaat Kaliandra (Foto Agus)***

JATINANGOR, peternakan.unpad.ac.id – Unit Kenal Lingkungan (UKL) melaksanakan kegiatan Pengambilan Nomor Registrasi Anggota (PNRA) bertujuan untuk peningkatan kemampuan Anggota Muda (AM) dalam bidang olahraga alam bebas dan bidang peternakan berbasis pengabdian kepada masyarakat. Tim PNRA dibagi menjadi tiga tim divisi yang melaksanakan pengabdian di daerah yang berbeda, yaitu tim Arus Deras (AD) di Kabupaten Sukabumi, tim Rock Climbing (RC) di Kabupaten Kebumen, dan tim Hutan Gunung di Kabupaten Tegal. Pandemi Covid-19 menjadi pembeda dengan kegiatan pengembaraan di tahun – tahun sebelumnya. Saat kondisi pandemi seperti ini, wajib melaksanakan protokol kesehatan yang menjadi keamanan utama tubuh diantaranya penggunaan masker, hand sanitizer, serta menjaga jarak saat berinteraksi dengan masyarakat untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Tim divisi Arus Deras (AD) berjumlah 5 personil melakukan kegiatan pengembaraan pengarungan di Sungai Citarik, Kabupaten Sukabumi pada tanggal 20-23 Januari 2022. Selain itu, Tim Arus Deras juga melakukan penanaman bibit kaliandra merah di sekitar pinggiran sungai citarik yang berlahan miring sebagai bentuk mitigasi bencana erosi sungai. Lokasi penanaman di Desa Cijambe, Kecamatan Sampora, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tepatnya di wilayah Caldera Camping Ground sebanyak 69 bibit. Kegiatan ini didukung oleh Operator Caldera, Kepala Desa Cijambe, dan masyarakat sekitar.

Kaliandra merah dipilih sebagai mitigasi erosi dikarenakan kaliandra merah ini memiliki akar tunggang dan kuat untuk menahan tanah agar tidak terjadi erosi. Daunnya yang memiliki protein yang cukup tinggi sangat cocok dijadikan pakan ternak dan bunganya dapat dimanfaatkan peternak lebah untuk dimanfaatkan nektarnya. Nektar lebah kaliandra merah memiliki ciri khas yang wangi. Tim AD juga telah melakukan penyebaran poster tentang manfaat kaliandra merah di Caldera Rafting, para pekerja disana telah diberi sosialisasi tentang apa itu kaliandra dan manfaat dari kaliandra merah itu sendiri.

Tim divisi Rock Climbing (RC) berjumlah 6 personil melakukan kegiatan pengembaraan yaitu pemanjatan dengan tujuan pembuatan jalur sport di Tebing Putih yang berlokasi di RT/RW 06/06 Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Timur pada tanggal 18 – 21 januari 2022. Selain Pemanjatan, Tim juga melakukan analisis usaha Kelompok Ternak Menda Kondang pada tanggal 22 januari 2022. Kelompok Ternak Menda Kondang adalah kelompok ternak yang baru terbentuk oleh Kepala Desa Candirenggo, kelompok ini berencana untuk memelihara kambing potong yang banyak dipelihara di daerah sana. Tim melakukan analisis usaha berupa proposal studi kalayakan usaha ternak kambing dengan asumsi variabel usaha disesuaikan dengan daerah setempat agar dapat membantu Kelompok Ternak Menda Kondang dalam segi perencanaan manajemen usahanya.

Tim divisi Hutan Gunung (HG) berjumlah 6 personil melakukan pengembaraan yaitu pendakian ke Gunung Slamet jalur Guci yang berada di Tegal, Jawa Tengah. Kegiatan pendakian Gunung Slamet dilakukan pada tanggal 19 – 20 Januari 2022. Tujuan Pendakian yaitu penerapan manajemen perjalanan meliputi perencanaan, pengorganisasian, kepimimpinan, pengendalian dan penggunaan semua sumber daya organisasi.

Selain pendakian ke Gunung Slamet, Tim juga melakukan analisis usaha peternakan ruminansia besar di Desa Guci, Kabupaten Tegal. Tujuan tim melakukan analisis usaha peternakan adalah untuk mempelajari dan mengetahui pengelolaan usaha peternakan ruminansia besar khususnya di masa pandemi Covid-19. Adapun output lain dari kegiatan analisis usaha ini yaitu pemetaan ternak menggunakan aplikasi ArcGis. Tujuan dari pemetaan ternak itu sendiri adalah untuk memberikan informasi letak peternakan di Desa Guci berdasarkan koordinat letak kandang yang sudah diperoleh observasi langsung oleh tim. Kegiatan ini didukung oleh pihak basecamp Gupala dan Kepala Desa Guci. (agus)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.