Suasana penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan Unpad dengan tujuh mitra industri di kafe It’s Nice to Meat You, Jalan Ciliwung No. 9, Bandung, Jumat (9/4) sore. (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 10/4/2021] Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan tujuh mitra industri dan lembaga yang bergerak di bidang peternakan. Kerja sama dilakukan dalam upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa Unpad, khusunya di Fakultas Peternakan.

Jalinan kerja sama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Unpad dengan tujuh mitra tersebut secara simbolis di kafe It’s Nice to Meat You, Jalan Ciliwung No. 9, Bandung, Jumat (9/4) sore.

Dari Unpad, hadir Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Hendarmawan, Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Yanyan Mochamad Yani, PhD, serta sejumlah pimpinan fakultas.

Dekan Fakultas Peternakan Unpad Dr. Rahmat Hidayat, M.Si., menjelaskan, untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, Fapet dan mitra industri sepakat menyediakan sejumlah fasilitas terstandar di bidang peternakan.

“Sarana yang dibangun bekerja sama dengan industri yang berstandar internasional dan dilengkapi teknologi canggih, sehingga mahasiswa bisa beraktivitas di situ, bekerja, dan riset di situ,” kata Rahmat.

Hadirnya fasilitas terstandar ini akan mendorong mahasiswa mengenal teknologi terbaru di bidang peternakan sejak dini, sehingga ketika terjun bekerja di perusahaan peternakan, mahasiswa akan lebih siap menggunakannya.

Rahmat menjelaskan, selama ini fasilitas di Fapet Unpad masih berskala laboratorium. “Ketika lulusan mulai terjun di dunia kerja, mereka akan kaget. Untuk cegah itu, kami perkenalkan teknologi lebih awal dan kita bawa itu ke kampus,” ujar Rahmat.

Selain penguatan kompetensi mahasiswa, melalui kerja sama ini, Fapet Unpad juga siap mengirimkan SDM untuk menjadi tenaga ahli di perusahaan. Pengiriman tenaga ahli ini akan mendorong penguatan bisnis yang dijalankan oleh mitra industri.

Rahmat menilai, industri memerlukan diversifikasi dalam mengembangkan bisnis. Untuk melihat apakah pengembangan bisnis tersebut layak atau tidak diperlukan tim ahli yang bisa mengkaji potensi tersebut.

“Di kami ada ahlinya. Kita kaji secara ilmiah, nanti setelah itu baru dikaji oleh mereka,” tambah Rahmat.

Adapun tujuh mitra industri yang menjalin kerja sama tersebut antara lain PT. Citra Agro Buana Semesta, PT. Agro Investama, PT. Berkah Citra Agro, Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Jawa Barat, PT. Mitra Berlian Unggas, Koperasi Peternak Milenial Jawa Barat, serta PT. Berdikari (Persero).*

Sumber: https://www.unpad.ac.id/2021/04/unpad-jalin-kerja-sama-dengan-tujuh-industri-kuatkan-kompetensi-bidang-peternakan/


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *